Kiwae Taichan, Yogyakarta, sate taichan krispi bersaus aneka rasa

Tabloid Saji - Edisi 414
7 Juni 2018

Tabloid Saji - Edisi 414

Sate taichan telah menjadi salah satu sajian populer sejak 2 tahun ini. Cita rasa daging ayamnya yang gurih dan sambal cabainya yang super pedas, berhasil menjadi pemikat.

Saji
Sate taichan telah menjadi salah satu sajian populer sejak 2 tahun ini. Cita rasa daging ayamnya yang gurih dan sambal cabainya yang super pedas, berhasil menjadi pemikat. Namun apakah Sajiers pernah terpikir untuk membuat sate taichan menjadi hidangan yang krispi dengan cita rasa bervariasi? Nah, sate taichan seperti ini ternyata ada di Yogyakarta, lo!

Sang kreator yang berhasil menciptakan kreasi sate taichan krispi adalah Latifriansyah Usman Ali. Melalui kedainya yang diberi nama Kiwae Taichan, pria yang kerap disapa Ian ini pun mulai memasarkan menu sate taichan krispi dengan aneka sausnya sejak 4 bulan lalu.

Ia mengaku terinspirasi untuk menggabungkan dua makanan kekinian yang populer di kalangan anak muda, yakni sate taichan dengan ayam goreng ala Korea yang berbalut tepung krispi plus berlumur saus pedas manis.

Kendati berjualan sate taichan, Ian mengaku, memiliki cara olah yang berbeda dengan sate taichan pada umumnya. Ian memarinasi potongan dada ayam dengan garam, gula, bawang putih, dan rempah lain selama 30 menit.

Daging ayam lalu di dibalurkan ke adonan tepung dan digoreng hingga kecokelatan dan bertekstur renyah. Barulah potongan daging ayam disusun di tusuk sate. “Tiap tusuk terdapat 4 potong daging ayam,” kata Ian.

Sebelum dibakar, satenya dilumuri saus dan dibakar sebentar demi memunculkan aroma asap yang nikmat. Saat disajikan, satenya ditata di atas wadah anyaman lidi lalu ditaburi wijen putih. Kondimennya, saus sambal pedas.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI