Si roti kepang dari swiss zopf

Tabloid Saji - Edisi 416
13 Juli 2018

Tabloid Saji - Edisi 416

Adonan zopf tak ubahnya adonan roti pada umumnya, yakni tepung terigu, susu, telur, margarin, dan ragi. Adonan lalu dianyam/dikepang menjadi jalinan dan diolesi kuning telur sebelum dipanggang. / Foto : BAYU, JERRY

Saji
Ingin mencicipi roti khas negara Swiss yang unik bernama zopf? Unik karena bentuknya rotinya yang dikepang. Yuk, segera coba di rumah. Roti kepang ala Swiss ini pas disajikan sebagai menu sarapan atau pun bekal. Tak sulit, kok, meniru resepnya. Bahkan Sajiers bisa memodifikasinya dengan menambahkan cokelat dan kacang.

Zopf merupakan jenis roti tradisional Swiss yang sangat populer di kalangan masyarakatnya. Dalam bahasa lokal, zopf memiliki arti “kepang”. Tak heran, sebab adonannya dibentuk seperti anyaman atau kepangan, sehingga lebih mudah dikenali. Permukaan rotinya berwarna keemasan, sangat mirip dengan roti khas kaum Yahudi di masa lalu yang disebut challah.

Konon, roti ini dibuat berdasarkan kisah di Swiss, yang pada zaman Perang Dunia para perempuan di negara ini banyak ditinggal mati suaminya. Sebagai bentuk rasa duka, para janda ini memotong rambut panjang mereka yang kerap dikepang. Potongan kepangan rambut mereka lalu dikuburkan bersama jasad suami tercinta.

Zopf untuk 2 buah

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
5 gr ragi instant
2 sdm gula pasir
1 btr telur
250 ml susu cair
60 gr margarin
1 sdt garam

Bahan Olesan:
100 ml susu evaporated
1 bh kuning telur

Cara Membuat:
1. Campur rata tepung terigu, ragi, dan gula pasir. Masukkan telur dan susu sedikit-sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis.
2. Masukkan margarin dan garam. Uleni adonan sampai elastis.
3. Diamkan 30 menit hingga adonan mengembang. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama. Pulung memanjang.
4. Ambil dua bagian adonan. Bentuk kepang empat. Letakkan di dalam loyang besar yang diolesi sedikit margarin.
5. Diamkan 60 menit hingga mengembang. Olesi bahan olesan.
6. Oven dengan api bawah pada suhu 190 derajat Celsius, 20 menit hingga matang. Panas-panas, oleskan sedikit margarin di permukaan roti. (Hm)

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI