Mentimun & ragam jenisnya

Tabloid Saji - Edisi 417
25 Juli 2018

Tabloid Saji - Edisi 417

Mentimun ternyata memiliki banyak jenis, kendati sekilas terlihat hampir mirip satu sama lain. Mentimun paling sering digunakan sebagai lalapan mentah, bahan acar, atau campuran salad. / Foto : BAYU, JERRY

Saji
Mentimun ternyata memiliki banyak jenis, kendati sekilas terlihat hampir mirip satu sama lain. Mentimun paling sering digunakan sebagai lalapan mentah, bahan acar, atau campuran salad. Rasanya yang segar dan netral juga sering dimanfaatkan sebagai bahan membuat minuman. Yuk, kita kenali lebih dekat jenis-jenis mentimun yang ada di pasaran.

Ragam Mentimun:
1. Mentimun Lokal. Mentimun jenis ini paling mudah ditemukan di pasaran. Ukurannya cukup panjang dan besar, dengan warna kulit putih dengan ujung kehijauan. Mentimun jenis ini memiliki biji yang besar-besar sehingga sering dimanfaatkan untuk bahan masakan.

2. Mentimun Lalap. Ukurannya lebih kecil dibandingkan mentimun lokal. Dengan jumlah biji yang tak terlalu banyak, membuat mentimun jenis ini sering dikonsumsi sebagai lalapan atau bahan salad. Warnanya lebih hijau dengan guratanguratan putih pada permukaan kulitnya.

3. Mentimun Jepang/Kyuri. Mentimun jepang merupakan jenis mentimun yang memiliki ciri khas pada kulitnya yang berwarna hijau pekat, sehingga mudah dikenali. Mentimun jepang sering digunakan untuk bahan salad atau garnish/ hiasan pada makanan. Bedanya dengan mentimun lokal, terletak pada ukurannya yang panjang dengan biji yang kecil.

4. Mentimun Suri. Mentimun suri termasuk ke dalam jenis mentimun, yang memiliki permukaan kulit halus. Ukurannya tergolong besar dan biasa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat minuman. Mentimun suri memiliki beberapa jenis, yang dibedakan dari warna kulitnya.

5. Mentimun Mini. Dari namanya saja sudah pasti terkait dengan ukurannya yang kecil. Mentimun mini adalah mentimun yang dipanen pada saat ukurannya masih kecil. Sering dijadikan sebagai lalapan atau dibuat acar.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI