Tentang kerang

Tabloid Saji - Edisi 420
13 September 2018

Tabloid Saji - Edisi 420

Kira-kira, kerang jenis apa saja yang Sajiers ketahui untuk dimasak? Kerang dara, kerang hijau, dan kerang apa lagi? Ternyata ada banyak sekali jenis kerang yang bisa kita olah menjadi masakan enak. / Foto : BAYU, ANANTA

Saji
1. Kerang Tahu Kerang ini bagian dagingnya berwarna putih seperti tahu, dengan siluet hitam pada salah satu sisinya. Memiliki cangkang tebal menyerupai bentuk segitiga. Daging kerang tahu bertekstur cukup kenyal dan banyak digunakan pada masakan oriental, diolah dengan cara ditumis atau dijadikan sup.

2. Kerang Dara (Kerang Darah) Bagian dalam kerang ini berwarna merah seperti darah. Memiliki cangkang membulat dengan tekstur kasar bergerigi dan berwarna putih. Untuk memasak kerang jenis ini, perlu bersihkan terlebih dulu cangkangnya dengan sikat hingga bersih. Lalu rebus di dalam air mendidih bersama sepotong arang hitam hingga cangkangnya terbuka.

Kerang ini sangat nikmat walau hanya disajikan dengan cara digoreng atau direbus saja. Di Jawa Timur, daging kerang darah ini biasanya disajikan dengan cara ditusuk-tusuk menjadi sate kerang.

3. Kerang Batik Kerang berbentuk oval melebar ini memang memiliki motif batik pada cangkangnya, sehingga disebut kerang batik. Daging kerangnya memiliki tekstur lembut dan kenyal. Kerang jenis ini sangat nikmat diolah dengan cara ditumis bersama bumbu yang tak terlalu dominan aroma dan rasanya.

4. Kerang Madu Kerang berbentuk bulat dan agak oval ini memiliki motif melingkar pada cangkangnya. Dagingnya kenyal dengan rasa sedikit manis saat diolah selagi masih segar. Kerang madu menjadi favorit ketika diolah dengan cara ditumis.

5. Kerang Kampak Kerang ini banyak dijual dalam keadaan sudah dikupas dari cangkangnya dan biasa disebut scallop. Kerang kampak berukuran cukup besar bila dibandingkan kerang lainnya. Memiliki pangkal runcing memanjang dan bagian ujungnya sedikit melebar. Dagingnya sangat lembut sehingga sangat cocok diolah dengan cara direbus dan dinikmati bersama cocolan sambal kecap.

Tabloid Saji dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI