Tampilkan di aplikasi

Si mungil nan legit luqaimat

Tabloid Saji - Edisi 436
15 April 2019

Tabloid Saji - Edisi 436

Luqaimat

Saji
Di kawasan semenanjung arab, terdapat kue yang populer bernama luqaimat. ternyata, resepnya mudah sekali diikuti, lo. bahkan Sajiers bisa memodifikasinya dengan memberi isi kacang mete. jangan lupa, balut dengan sirop maple atau cokelat agar cita rasanya semakin legit.

Luqaimat

Luqaimat merupakan salah satu kudapan khas populer di negara-negara yang berada di semenanjung arab dan kerap tersaji di Hari Raya lebaran. menurut bahasa aslinya, luqaimat memiliki arti gigitan kecil. Ya, kue ini bentuknya memang kecil dan bulat, serta akan habis hanya dalam 1-2 gigitan kecil saja. Banyak orang menggolongkan luqaimat ke dalam salah satu jenis sweet dumpling (dim sum). Bisa jadi karena teksturnya yang crunchy di luar, namun lembut dan agak lembap di bagian dalamnya.

Namun bila melihat metode pembuatannya, luqaimat tak ubahnya donat atau oliebollen. bahan utama luqaimat adalah tepung dan yoghurt, sehingga cita rasa kue ini agak asam. di negara asalnya, luqaimat kerap disajikan dengan siraman sirop kurma, sirop maple, atau madu. sebelum Hari Raya tiba, tak salah bila mencoba menyajikan luqaimat sebagai menu takjil atau berbuka bersama keluarga.

Luqaimat

Bahan:
450 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung maizena
1 sdm ragi instan
30 gr gula pasir
1/2 sdt kayumanis bubuk
385 ml yoghurt tawar
1/2 sdt garam
100 ml sirop maple

Cara membuat:
1. Campur rata tepung terigu, maizena, ragi instan, gula pasir, dan kayumanis bubuk.
2. Masukkan yoghurt dan garam. Aduk rata.
3. Diamkan di dalam wadah tertutup selama 3 jam.
4. Bentuk bulat menggunakan sendok. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil sampai matang. Tiriskan.
5. Celupkan ke dalam sirop maple. Tiriskan.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI