Tampilkan di aplikasi

Medovik, cake lapis semanis madu khas Rusia

Tabloid Saji - Edisi 452
26 November 2019

Tabloid Saji - Edisi 452

Cake khas Rusia yang unik ini juga populer dengan sebutan Honey Layer Cake. Cita rasa manis madunya yang legit terasa begitu dominan di setiap layer cake-nya. Sangat pas disajikan di akhir pekan atau pada momen spesial. Mari kita coba buat di rumah.

Saji
Negeri Beruang Merah atau Rusia memiliki salah satu menu cake yang khas, yakni Medovik. Nama cake ini diambil dari kata “med” yang berarti madu dalam bahasa Rusia, yang memang merupakan bahan utama pembuatan cake ini. Seiring waktu, cake ini pun ditetapkan menjadi salah satu sajian nasional di Rusia.

Medovik Klasik (untuk 16 Potong)

Bahan Layers:
100 gr madu
100 gr gula pasir
3 btr telur
115 gr mentega tawar
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli bubuk
500 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking soda

Bahan Olesan:
200 gr krim kental, kocok hingga mengembang
400 gr sour cream
125 gr gula tepung

Bahan Pelapis:
150 gr biskuit susu, haluskan

Cara Membuat:
1. Olesan, kocok sour cream hingga lembut. Tambahkan gula tepung. Kocok rata. Masukkan krim kocok sedikit- sedikit sambil diaduk perlahan. Sisihkan.
2. Layers, kocok lepas madu, gula dan telur di atas panci berisi air mendidih hingga mengental. Tambahkan mentega. Aduk cepat.
3. Masukkan garam, vanilli bubuk, tepung terigu, dan baking soda sedikit sedikit sambil diayak dan diaduk hingga tidak lengket lagi.
4. Bagi adonan menjadi 8 bagian. Ambil 1 bagian adonan. Giling adonan dan bentuk bulat, setebal 1/2 cm dan diameter 20 cm. Letakkan adonan di atas loyang yang ditaburi sedikit tepung terigu. Tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu. Lakukan menggiling dan meletakkan adonan di atas loyang berbeda hingga adonan habis.
5. Oven adonan dengan api bawah pada suhu 140 derajat Celsius, 20 menit hingga matang.
6. Ambil selembar layer cake. Oleski bahan olesan. Tumpuk dengan layer cake lainnya. Lakukan mengoles cake hingga semua layer cake habis.
7. Olesi permukaannya dengan krim. Taburi seluruh bagian cake dengan bahan pelapis.
Tabloid Saji di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI