Tampilkan di aplikasi

Buku Salemba Empat hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Pasar Modal Syariah Indonesia

1 Pembaca
Rp 164.900 15%
Rp 140.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 420.000 13%
Rp 121.333 /orang
Rp 364.000

5 Pembaca
Rp 700.000 20%
Rp 112.000 /orang
Rp 560.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sejarah pasar modal syariah telah dimulai sejak lebih dari dua dekade yang lalu. Seiring dengan berkembangnya pasar modal syariah di Indonesia, tentu makin banyak orang yang membutuhkan informasinya. Namun demikian, buku yang dapat dijadikan referensi mengenai pasar modal syariah jumlahnya terbatas. Buku ini hadir untuk memperkaya literasi pasar modal syariah di Indonesia. Pembahasan dalam buku ini mencakup sejarah pasar modal syariah, landasan fikih dan regulasi pasar modal syariah, instrumen-instrumen pasar modal syariah, dan mekanisme transaksi surat berharga syariah pasar modal Indonesia.

Buku ini terutama ditujukan bagi para mahasiswa dan kalangan yangtertarik mempelajari dasar-dasar pasar modal syariah di Indonesia. Olehkarena itu, buku ini sengaja dibuat seringkas mungkin dan dengan bahasa mudah dipahami oleh pembaca awam sekalipun, tanpa kehilangan esensinya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Prayogo P. Harto / M. Gunawan Yasni / Hendro Wibowo

Penerbit: Salemba Empat
ISBN: 9789790619418
Terbit: September 2020 , 182 Halaman










Ikhtisar

Sejarah pasar modal syariah telah dimulai sejak lebih dari dua dekade yang lalu. Seiring dengan berkembangnya pasar modal syariah di Indonesia, tentu makin banyak orang yang membutuhkan informasinya. Namun demikian, buku yang dapat dijadikan referensi mengenai pasar modal syariah jumlahnya terbatas. Buku ini hadir untuk memperkaya literasi pasar modal syariah di Indonesia. Pembahasan dalam buku ini mencakup sejarah pasar modal syariah, landasan fikih dan regulasi pasar modal syariah, instrumen-instrumen pasar modal syariah, dan mekanisme transaksi surat berharga syariah pasar modal Indonesia.

Buku ini terutama ditujukan bagi para mahasiswa dan kalangan yangtertarik mempelajari dasar-dasar pasar modal syariah di Indonesia. Olehkarena itu, buku ini sengaja dibuat seringkas mungkin dan dengan bahasa mudah dipahami oleh pembaca awam sekalipun, tanpa kehilangan esensinya.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar Pasar Modal Syariah Indonesia, Momentum dan Perkembangannya di Indonesia
Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, seperti menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dan sebagainya. Makin banyaknya masyarakat yang tertarik akan dunia investasi, membuat dunia pasar modal kian berkembang, termasuk dengan munculnya pasar modal syariah.

Sejarah pasar modal syariah di Indonesia dimulai dengan diterbitkannya reksa dana syariah oleh PT Danareksa Investment Management (DIM) pada tahun 1997. Disusul kemudian dengan munculnya fatwa tentang pedoman pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah pada tahun 2001. Pasar modal syariah di Indonesia kian mendapatkan momentum, namun sayangnya buku yang memberikan pembahasan secara lengkap tentang bidang ini belum sebanyak yang dibutuhkan. Buku ini dapat dijadikan referensi dalam mendalami pasar modal syariah, termasuk terkait landasan fikih dan regulasi pasar modal syariah, instrumen-instrumen pasar modal syariah, dan mekanisme transaksi surat berharga syariah pasar modal Indonesia.

Penulis

Prayogo P. Harto - Penulis menyelesaikan pendidikan S1 Ekonomi Akuntansi di Universitas Diponegoro, S2 Keuangan Syariah di Universitas Paramadina, dan tengah menempuh S3 Ekonomi di Universitas Diponegoro. Saat ini, beliau adalah Dosen Tetap STEI SEBI untuk mata kuliah Pasar Modal Syariah dan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Sebelumnya, beliau sempat berkarier sebagai Redaktur Pasar Modal dan Keuangan di Harian Ekonomi Neraca. Penghargaan karya tulis yang pernah ia terima, antara lain Juara I Lomba Artikel Direktorat Mediasi Perbankan Bank Indonesia, Juara II Lomba Penulisan Direktorat Perbankan Syariah BI, dan Juara II Lomba Penulisan Pasar Modal yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia. Beberapa buku yang sudah ditulisnya, antara lain Jejak-Jejak Maestro Restrukturisasi, Bursa Inside, Market Diary: Catatan Kritis Seputar Pasar Modal, Manajemen Koperasi Syariah, dan Pengantar Akuntansi.
M. Gunawan Yasni - Penulis menyelesaikan S1 Akuntansi di Universitas Indonesia dan S2 Magister Management Keuangan di Prasetiya Mulya. Beliau memiliki sejumlah sertifikasi, seperti Certified Islamic Financial Analyst (CIFA), Islamic Insurance Society (FIIS), dan Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM). Saat ini, beliau merupakan Dosen Senior di Pascasarjana Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia. Beliau juga merupakan Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI), Penasihat/Dewan Pengawas Syariah di sejumlah lembaga keuangan, dan narasumber nasional, khususnya untuk topik ekonomi dan keuangan syariah. Aktivitasnya yang lain adalah sebagai co-host untuk Dialog Ekonomi Syariah TVRI, host untuk Spiritual CEO TV One, dan Spiritual Executive 1 Metro TV. Buku yang sudah ditulisnya, antara lain Ekonomi dan Keuangan Syariah: Pemahaman Singkat dan Penerapan Ringkas (dwibahasa: Indonesia dan Inggris), Ekonomi Sufistik, Investasi Syariah, dan Pemikiran Ringkas Keuangan Islam (tiga bahasa: Inggris-Indonesia-Arab).
Hendro Wibowo - Penulis telah menyelesaikan pendidikan S1 di STEI SEBI Jurusan Perbankan Syariah, S2 Keuangan Syariah di Universitas Paramadina, dan menyelesaikan Disertasi Program Pendidikan S3 di Asia e University Malaysia. Saat ini, selain sebagai Dosen Tetap di STEI SEBI dan UIN Jakarta, beliau juga menjabat Komisaris di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Fintech Syariah, dan Koperasi Syariah. Dalam keorganisasian, sejak mahasiswa beliau aktif di Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) mulai dari Koordinator Regional Jabodetabek hingga Ketua Umum Korps Alumni FoSSEI, Sekretaris Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), dan Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Di bidang penulisan, beliau pernah meraih sejumlah penghargaan, antara lain Juara I Lomba Esai Ekonomi Koperasi tingkat nasional, Best Paper di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, dan Best Paper Kategori Penulis Muda Tingkat Nasional dari Forum Riset Perbankan Syariah. Buku yang sudah ditulis, yakni Warna Warni Ekonomi Islam, Bianglala Ekonomi Islam, Pemberdayaan Ekonomi Nelayan, dan Manajemen Koperasi Syariah.

Daftar Isi

Tentang Penulis
Prakata
Daftar Isi
Bab 1 Pengantar Pasar Modal Indonesia
     Pengertian Pasar dan Jenis-Jenis Pasar
          Pengertian Pasar
          Jenis-Jenis Pasar
     Konsep Pasar Modal Indonesia
          Pasar Keuangan dan Pasar Modal
          Konsep Pasar Modal Indonesia
          Lembaga dan Profesi yang Berkaitan dengan Sekuritas
     Peran, Fungsi, dan Manfaat Pasar Modal
     Sejarah dan Perkembangan Pasar Modal
          Sejarah Pasar Modal Dunia
          Sejarah Pasar Modal Indonesia
Bab 2 Struktur Pasar Modal Indonesia
     Otoritas Jasa Keuangan
          Tujuan Pembentukan OJK
          Fungsi dan Tugas OJK
     Self Regulatory Organization
          Bursa Efek Indonesia (BEI)
          Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI)
          Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)
     Pelaku Pasar Modal Indonesia
          Pemodal
          Emiten
          Perusahaan Sekuritas
     Lembaga Penunjang Pasar Modal Indonesia
          Biro Administrasi Efek
          Bank Kustodian
          Wali Amanat
          Pemeringkat Sekuritas
     Profesi Penunjang Pasar Modal Indonesia
          Akuntan
          Konsultan Hukum
          Penilai
          Notaris
     Lembaga Lain Pasar Modal Indonesia
          Penilai Harga Sekuritas
          Indonesia Securities Investor Protection Fund (Indonesia SIPF) atau Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI)
          Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI)
Bab 3 Mengenal Produk Pasar Modal Indonesia
     Saham
          Konsep dan Definisi Saham
          Keuntungan dan Risiko Saham
          Jenis-Jenis Saham
          Indeks Harga Saham
     Obligasi
          Konsep dan Definisi Obligasi
          Keuntungan dan Risiko Obligasi
          Jenis-Jenis Obligasi
          Karakteristik Obligasi
     Reksa Dana
          Konsep dan Definisi Reksa Dana
          Keuntungan dan Risiko Reksa Dana
          Jenis-Jenis Reksa Dana
     Derivatif
          Kosep dan Definisi Derivatif
          Jenis-Jenis Derivatif
Bab 4 Mekanisme Transaksi di Pasar Modal Indonesia
     Initial Public Offering (IPO)
          Pengertian dan Manfaat IPO
          Proses IPO
     Pasar Perdana dan Pasar Sekunder
          Pasar Perdana
          Pasar Sekunder
     Mekanisme Transaksi di Pasar Perdana
     Mekanisme Perdagangan di Pasar Sekunder
          Pasar Reguler
          Pasar Negosiasi
          Pasar Tunai
          Biaya Transaksi di Pasar Sekunder
     Mekanisme Transaksi Reksa Dana
          Transaksi Pembelian
          Transaksi Penjualan
          Transaksi Pengalihan
          In Complete Application dan In Good Fund
Bab 5 Konsep Pasar Modal Syariah Indonesia
     Sejarah Pasar Modal Syariah Indonesia
          Tonggak Penting Pasar Modal Syariah Indo
          Visi, Misi, dan Logo Pasar Modal Syariah
     Peran Pasar Modal Syariah di Indonesia
     Konsep Pasar Modal Syariah Indonesia
     Landasan Pasar Modal Syariah Indonesia
          Landasan Fiqih Pasar Modal Syariah Indonesia
          Landasan Hukum Pasar Modal Syariah Indonesia
          Jenis-Jenis Akad dalam Pasar Modal Syari
Bab 6 Investasi Di Pasar Modal Syariah
     Konsep Dasar Investasi Syariah
          Pengertian Investasi
          Alasan Investasi
          Investasi dan Menabung
          Investasi di Pasar Modal
          Investasi dalam Perspektif Islam
     Risiko Investasi dalam Perspektif Islam
     Mitigasi Risiko dalam Perspektif Islam
     Daftar Efek Syariah
Bab 7 Saham Syariah
     Konsep dan Definisi Saham Syariah
     Tipe Saham Syariah
     Screening Saham Syariah
          Contoh Simulasi Penelaahan DES
     Indeks Saham Syariah
          Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)
          Jakarta Islamic Index (JII)
          Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
Bab 8 Sukuk
     Konsep Sukuk
          Dasar Hukum Sukuk di Indonesia
     Perbedaan Sukuk dengan Obligasi
     Skema Penerbitan Sukuk
          Sukuk Ijarah
          Sukuk Mudarabah
     Jenis-Jenis Sukuk
     Akad-Akad dalam Transaksi Sukuk
Bab 9 Reksa Dana Syariah
     Konsep Reksa Dana Syariah
     Perbedaan Reksa Dana Syariah dengan Nonsyariah
     Regulasi dan Fatwa Reksa Dana Syariah
     Skema Transaksi Reksa Dana Syariah
     Jenis-Jenis Reksa Dana Syariah
     Kelebihan Reksa Dana Syariah
Bab 10 Mekanisme Transaksi Di Pasar Modal Syariah
     Mekanisme Transaksi
     Transaksi yang Dilarang
     Layanan Penunjang Pasar Modal Syariah
          Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM)
     Sertifikasi Profesi di Pasar Modal Syariah Indonesia
     Peluang Karier di Pasar Modal Syariah Indonesia
Bab 11 Analisis Investasi Di Pasar Modal Syariah
     Analisis Saham Syariah
          Analisis Fundamental
          Analisis Ekonomi
          Analisis Industri
          Analisis Rasio Perusahaan
     Analisis Sukuk
          Peringkat Sukuk
          Peringkat Sukuk Pefindo
     Analisis Reksa Dana Syariah
Glosarium
Daftar Pustaka
Indeks