Tampilkan di aplikasi

Buku Salemba Empat hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS

1 Pembaca
Rp 94.900 26%
Rp 70.000
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam menyelasaikan tugas akhir atau yang disebut dengan skripsi. Dalam buku ini, terdapat kunci sukses menyelesaikan tugas akhir, agar mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dapat dengan mudah dan cepat sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Dalam buku ini, dirancang sedemikian rupa agar mahasiswa dapat memahami dan mempelajari cara menyelesaikan tugas akhirnya tersebut dengan metode penelitian kuantitatif, yang menggunakan analisis data Program SPSS. Kehadiran buku ini tentunya akan sangat membantu dan mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya dengan cepat dan mudah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ririn Anasti / Lawe Anasta / Harnovinsah / Lin Oktris

Penerbit: Salemba Empat
ISBN: 9789790619807
Terbit: September 2022 , 204 Halaman










Ikhtisar

Buku Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam menyelasaikan tugas akhir atau yang disebut dengan skripsi. Dalam buku ini, terdapat kunci sukses menyelesaikan tugas akhir, agar mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dapat dengan mudah dan cepat sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Dalam buku ini, dirancang sedemikian rupa agar mahasiswa dapat memahami dan mempelajari cara menyelesaikan tugas akhirnya tersebut dengan metode penelitian kuantitatif, yang menggunakan analisis data Program SPSS. Kehadiran buku ini tentunya akan sangat membantu dan mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya dengan cepat dan mudah.

Pendahuluan / Prolog

Sukses Menyelesaikan Skripsi dengan Metode Penelitian Kuantitatif dan Analisis Data SPSS, Menguasai Tugas Akhir dengan Pedoman yang Dibuat oleh Perguruan Tinggi
Skripsi ataupun tugas akhir merupakan sebuah karya ilmiah yang didapat dari hasil penelitian mahasiswa di perguruan tinggi. Skripsi dikerjakan oleh mahasiswa untuk dapat memenuhi syarat menyelesaikan tugas akhir guna memperoleh gelar sarjana (S-1). Tak dipungkiri, mahasiswa banyak mengalami kendala dalam menyelesaikan skripsi, mulai dari menentukan judul hingga menentukan populasi.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menyusun skripsi adalah menentukan metode penelitian. Salah satu metode yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu metode ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta kausalitas hubungan-hubungannya. Pengolahan data lewat program SPSS kerap digunakan dalam metode kuantitatif. Dalam buku ini, dapat dipelajari dan dipraktikkan dengan mudah karena terdapat tahapan ataupun langkah-langkah cara mengerjakannya.

Penulis

Ririn Anasti - Lahir di Lampung Selatan, pada 31 Juli 1986. Sekarang penulis bekerja sebagai Dosen Universitas Swasta di Lampung. Penulis mengampu mata kuliah Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Data SPSS, dan Statistik. Sebelumnya juga pernah mengampu mata kuliah Statistik, Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, dan Pendidikan Antikorupsi. Penulis menempuh pendidikan S-1 di Fakultas Psikologi dan menyandang gelar Sarjana Psikologi (S. Psi.) pada 2009. Kemudian, penulis melanjutkan pendidikan S-2 Magister Sains Psikologi di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta dan menyandang gelar Magister Psikologi (M. Psi.) pada 2017. Selain itu, penulis juga pernah aktif di organisasi atau kegiatan MDMC, PMI, PENSOSMAS DIY, dan lainnya.
Lawe Anasta - Adalah dosen tetap di Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta, dengan mata kuliah yang diampu, yaitu Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Pengantar Akuntansi, Perpajakan, dan Metode Penelitian.

Penulis lahir di Jawa Tengah pada Januari 1991. Penulis lulus Sarjana Akuntansi (S.E.) dari Universitas Lampung pada 2012, lulus Magister Ilmu Akuntansi pada Program Pascasarjana Universitas Lampung pada 2015.
Harnovinsah - Adalah dosen tetap Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta. Menyelesaikan Sarjana Akuntansi (SE) pada Universitas IBA Palembang, Magister Sains dalam Bidang Ilmu Akuntansi dengan Peminatan Akuntansi Sektor Publik (M.Si.) Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada dan Program Doktoral (Dr.) Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung. Sejak 2002 sudah aktif memberikan pelatihan/workshop dalam bidang Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Keuangan Daerah, serta Metodologi Penelitian di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, juga aktif melakukan penelitian yang dibiayai oleh Bank Indonesia, Otoritas Batam dan Hibah Dikti, serta Beberapa Pemerintah Daerah di Sumatera. Beberapa hasil penelitian sudah dipresentasikan dan dipublikasikan di beberapa seminar nasional maupun seminar internasional, serta jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi, sampai saat ini masih aktif jadi Mitra Bestari beberapa jurnal di Indonesia.
Lin Oktris - Adalah seorang doktor dalam bidang akuntansi. Saat ini penulis mengajar sebagai dosen tetap di Magister Akuntansi di Universitas Mercu Buana, dan dosen tidak tetap di Universitas Trisakti. Pengampu mata kuliah Metodologi Penelitian, Workshop Tugas akhir, Perpajakan, Riset Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pajak, Global Reporting Initiative, CSRA, berpengalaman sebagai konsultan dalam bidang keuangan lebih dari 15 tahun, dan saat ini masih sebagai Penasehat Tetap Keuangan beberapa PT di Jakarta. Penulis adalah member Institute of Certified Sustainability Finance Practitioner (ICSP), CSRS (Certified Sustainability Reporting Specialist), CSRA (Certified Sustainability Reporting Assurance), CMA (Certified Management Accounting), CIBA (Certified International Business Analyst), CERA (Certified Enterprise Risk Analyst), CBV (Certified Business Value). Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Bendahara Yayasan Pengembangan Ilmu Akuntasi Indonesia.

Daftar Isi

Sampul Depan
Tentang Penulis
Prakata
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
     Cara Memahami Tugas Akhir Mahasiswa dalam Membuat Skripsi
     Pemahaman tentang Skripsi
     Kunci Sukses dan Cara Mudah Menyelesaikan Tugas Akhir “Skripsi”
     Langkah-Langkah Menulis Tugas Akhir “Skripsi”
Bab 2 Cara Menyusun Skripsi dan Pengertiannya
     Judul Penelitian
     Bab I Pendahuluan
     Bab II Tinjauan Pustaka
     Bab III Metode Penelitian
     Bab IV Hasil Analisis Data dan Pembahasan
     Bab V Kesimpulan dan Saran
Bab 3 Macam-Macam Metode Penelitian yang Digunakan dalam Penulisan Skripsi
     Macam- Macam Metode Penelitian
     Macam-Macam Data dalam Penelitian
     Karakteristik Metode Penelitian
Bab 4 Cara Menentukan Teknik Sampling dalam Penelitian
     Teknik Sampling
     Rumus atau Metode untuk Menentukan Ukuran Sampel
Bab 5 Cara Menentukan Skala Pengukuran dan Instrumen dalam Penelitian
     Teknik Menentukan Skala Pengukuran
     Instrumen dalam Penelitian
     Cara Menyusun Instrumen Penelitian
     Contoh Cara Membuat Instrumen Penelitian
     Cara Menyajikan Data Skor Hasil Instrumen Penelitian
Bab 6 Reliabilitas dan Validitas Instrumen Penelitian
     Reliabilitas
     Validitas
Bab 7 Teknik Pengumpulan Data
     Observasi (Pengamatan)
     Wawancara (Interview)
     Kuesioner
     Dokumentasi .
Bab 8 Uji Instrumen Penelitian
     Uji Reliabilitas dengan Program SPSS
     Uji Validitas Menggunakan Product Momen Pearson dengan Program SPSS
     Uji Validitas Dilihat dari Corrected Item Total Correlation dengan Program SPSS
Bab 9 Uji Asumsi Dasar
     Uji Statistik Chi Square dengan Program SPSS
     Uji Homogenitas dengan Program SPSS
     Uji Linearitas dengan Program SPSS
     Uji Normalitas dengan Program SPSS
Bab 10 Uji Asumsi Klasik
     Uji Multikolinearitas dengan Program SPSS
     Uji Autokorelasi dengan Program SPSS
     Uji Heteroskedastisitas dengan Program SPSS
     Uji Normalitas dengan Program SPSS
     Uji Linearitas dengan Program SPSS
Bab 11 Statistik Parametrik
     Uji One Sample T-Test dengan Program SPSS
     Contoh Uji Independent Sample T-Test
     Uji Paired Sample T-Test dengan Program SPSS
     Uji One Way Anova (Analisis Satu Jalur) dengan Program SPSS
Bab 12 Statistik Nonparametrik
     Uji Mann Whitney dengan Program SPSS
     Uji Wilcoxon dengan Program SPSS
     Uji Kruskal Wallis dengan Program SPSS
     Uji Rank Spearman dengan Program SPSS
Bab 13 Analisis Statistik Deskriptif
Bab 14 Analisis Regresi
     Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan Program SPSS
     Uji Analisis Regresi Linear Berganda dengan Program SPSS
Daftar Pustaka
Indeks
Sampul Belakang