Buku Salemba hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Bunga Rampai Auditing

1 Pembaca
Rp 104.900 48%
Rp 55.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 165.000 50%
Rp 27.500 /orang
Rp 82.500

5 Pembaca
Rp 275.000 60%
Rp 22.000 /orang
Rp 110.000

Buku Bunga Rampai Auditing Edisi 2 ini ditujukan untuk memberi wawasan yang lebih menyeluruh mengenai auditing berlandaskan pemahaman falsafah audit lintas bidang keilmuan dan masalah. Karena dikupas secara lebih luas dan konseptual, pembaca diminta merujuk buku-buku khusus sesuai judul bab untuk memperoleh pemahaman lebih dalam tentang hal-hal yang diminati. Namun, esensi dan kedalaman setiap bab telah tersusun secara optimal, sehingga inti makna setiap jenis audit dapat tersampaikan kepada setiap pembaca. Sasaran pembaca akademis adalah para pengajar di bidang manajemen, hukum, akuntansi keuangan, dan auditing. Buku ini juga dapat digunakan sebagai buku acuan mahasiswa tingkat register dan doktoral dalam bidang manajemen dan akuntansi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Sukrisno Agoes / Jan Hoesada

Penerbit: Salemba
ISBN: 9789790616356
Terbit: Januari 2012, 336 Halaman

Ikhtisar

Buku Bunga Rampai Auditing Edisi 2 ini ditujukan untuk memberi wawasan yang lebih menyeluruh mengenai auditing berlandaskan pemahaman falsafah audit lintas bidang keilmuan dan masalah. Karena dikupas secara lebih luas dan konseptual, pembaca diminta merujuk buku-buku khusus sesuai judul bab untuk memperoleh pemahaman lebih dalam tentang hal-hal yang diminati. Namun, esensi dan kedalaman setiap bab telah tersusun secara optimal, sehingga inti makna setiap jenis audit dapat tersampaikan kepada setiap pembaca. Sasaran pembaca akademis adalah para pengajar di bidang manajemen, hukum, akuntansi keuangan, dan auditing. Buku ini juga dapat digunakan sebagai buku acuan mahasiswa tingkat register dan doktoral dalam bidang manajemen dan akuntansi.

Pendahuluan / Prolog

Bunga Rampai Auditing
Buku auditing dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia sudah cukup banyak yang beredar di Indonesia, baik buku tentang audit finansial, audit internal, audit sektor publik maupun audit operasional. Namun, buku tentang bunga rampai auditing rasanya baru pertama kali dibuat.

Pemicu gagasan adalah kebutuhan para pemangku kepentingan umumnya, perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, dan kebutuhan praktisi khususnya akan sebuah buku berpandangan menyeluruh mengenai berbagai dimensi auditing yang lebih luas, walaupun belum paripurna. Kedua penulis mempelajari juga berbagai ilmu manajemen dan pemerhati ilmu hukum, sehingga dalam bunga rampai kali ini terdapat pula audit manajemen dan audit hukum. Kedua penulis melakukan praktik general auditing atau audit umum untuk laporan keuangan berbasis izin praktik Kantor Akuntan Publik, melakukan berbagai tugas due process, agreed upon procedures, dan special audit, serta mempunyai pengalaman dalam melakukan praktik audit manajemen.

Gagasan penerbitan berbagai aspek kegiatan auditing dirangkai menjadi sebuah bunga rampai berlandaskan pada pengalaman sebagai auditor di kantor akuntan publik, pengajar pada berbagai perguruan tinggi, seminar, dan konferensi.


Penulis

Sukrisno Agoes - Prof. Dr. Sukrisno Agoes, S.E., Ak., M.M., CPA., CA.

Lahir di Jakarta, 13 Desember 1947. Beliau adalah lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI), Jakarta, Jurusan Akuntansi, pada 13 April 1974. Selain itu, ia memperoleh gelar M.M. (Magister Manajemen) dari Program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia, dengan bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen tahun 1990. Agustus 1999 sampai dengan Mei 2003, penulis menyelesaikan Program Doktor di Program Pascasarjana Universitas Padjajaran, Bandung, dengan judul Disertasi “Pengaruh Penerapan Standar Auditing, Penerapan Standar Pengendalian Mutu dan Kualitas Jasa Audit terhadap Tingkat Kepercayaan Pengguna Laporan Akuntan Publik (Survei pada KAP Anggota FAPM di Indonesia)”. Sejak 2013, ia menjabat sebagai Partner di Kantor Akuntan Publik (KAP) Sukrisno Sarwoko & Sandjaja.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Partner di KAP Drs. Sukrisno Agoes, MM & Rekan; Ketua Program D-3 Akuntansi dan Ketua Jurusan Akuntansi FE Univ. Tarumanagara (FE-Untar); Ketua Jurusan Akuntansi FE Universitas Pelita Harapan (FE-UPH); Dekan FE Univ. Kristen Krida Wacana (FE-Ukrida) periode 1996–2003; Dekan FE-Untar selama dua periode sampai dengan tanggal 12 Juli 2012; Ketua Komite Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) periode 1994–1998; Wakil Ketua Dewan SPAP (1999–2001); Anggota BP2AP IAI dan Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) periode 2008–2012; Anggota Majelis Kehormatan Kode Etik BPK-RI (2010–2013).
Jan Hoesada - Dr. Jan Hoesada, C.P.A.

Pernah bertugas sebagai Kabid. Humas IAI dan pengasuh majalah Akuntansi IAI, sebagai anggota DSAK sepanjang tahun 1993–2009. Diangkat melalui Keppres sebagai anggota Komite Standar Akuntansi Pemerintahan sejak 2004, Ketua DeSSA (Dewan Standar Sustainability Assurance) NCSR, salah satu pemrakarsa kelahiran Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP) di dalam IAI, salah satu pemrakarsa-pendiri IAI Wilayah DKI, pemrakarsa pendirian Komite Standar Akuntansi Syariah oleh IAI bersama Majelis Ulama Indonesia, dan menjadi pimpinan proyek Standar Akuntansi ETAP di bawah DSAK.

Beliau juga pernah menjadi anggota Dewan Pengawas IAPI; berpengalaman sebagai widyaiswara pada kelas perwira tinggi Pusat Manajemen Hankam; pengajar berbagai Magister Manajemen dan/atau Magister Akuntansi. Beliau mendapat bintang penghargaan TNI Dwija Shista tahun 1998, sepanjang 10 tahun terakhir mengabdi pada Depdiknas sebagai pakar bahasa Pusat Bahasa; pembuat cetak biru UU Kebahasaan, Bendera, dan Lambang Negara; menjadi seminaris nasional untuk berbagai topik manajemen strategi, SDM, pemasaran, keuangan, akuntansi cq. IFRS/PSAK dan SAK ETAP serta widyaiswara TOT akuntansi pemerintahan pada Departemen Keuangan, dewasa ini menjadi narasumber Bank Indonesia dalam reformasi kerangka konseptual akuntansi bank sentral.

Daftar Isi

Sampul depan
Tentang Penulis
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Filsafat Auditing
     Filsafat Publik sebagai Dasar Postulat Akuntansi
     Filsafat Auditing
     Kebenaran dalam Auditing
     Postulat Audit Laporan Keuangan
     Konsep-konsep dalam Teori Auditing
     Konsep Bukti
     Konsep Probabilitas
     Konsep Kecermatan Audit
     Konsep Kelayakan Saji Laporan
     Konsep Kemerdekaan Profesional
     Konsep Perilaku Etis Profesional
     Konsep Intelegensi Auditor
Bab 2: Berbagai Jenis Audit dan Profesi Audit pada Dunia Akuntansi
     Pengertian Auditing secara Umum
     Berbagai Jenis Audit
     Profesi Auditor pada Dunia Akuntansi
Bab 3: Audit Keuangan dan Laporan Keuangan
     Audit Laporan Keuangan
     Penerapan Akuntansi dalam Berbagai Bidang di Indonesia
Bab 4: Financial Audit
     Definisi
     Jenis-jenis Opini
     Pedoman Pelaksanaan
     Pelaksana
     Sistem Pengendalian Mutu KAP
     Tahapan dalam Audit Finansial
     Prosedur Audit Penting
     Kertas Kerja Pemeriksaan
     Management Letter dan Client Representation Letter
Bab 5: Management (Operational) Audit
     Definisi Management (Operational) Audit
     Ruang Lingkup, Tujuan, dan Manfaat Management Audit
     Perbedaan antara Management Audit dan Financial (General Audit)
     Pengertian Efektivitas, Efisiensi, dan Ekonomis
     Tahap-tahap dalam Management Audit
     Pelaksanaan Management Audit
     Sistem Pengendalian Manajemen
Bab 6: Audit Sosial dan Lingkungan
     Latar Belakang
     Jasa Peyakinan Sosial dan Lingkungan
Bab 7:
Audit Sosial dan Lingkungan
     Apa dan Bagaimana Audit Sistem Informasi
     Dampak Electronic Data Processing (EDP ) terhadap Auditing
     Risiko dalam Lingkungan EDP dan Pengendaliannya
Bab 8: Legal Audit
     Pendahuluan dan Definisi
     Latar Belakang dan Tujuan Legal Audit
     Opini Auditor, Luas, dan Ragam Legal Audit
     Standar Audit
     Auditor
bab 9: Audit Pajak
     Pendahuluan
     Audit Pajak oleh Akuntan Publik
Daftar Pustaka
Indeks
Sampul belakang