Buku Salemba hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Akuntansi Perbankan Syariah

Teori dan Praktik Kontemporer

1 Pembaca
Rp 117.900 62%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 50%
Rp 22.500 /orang
Rp 67.500

5 Pembaca
Rp 225.000 60%
Rp 18.000 /orang
Rp 90.000

Buku “Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer” mengulas akuntansi syariah secara lengkap, mulai dari sejarah perkembangan akuntansi syariah, pengembangan perbankan syariah, sistem operasional bank syariah hingga cara perhitungan bagi hasil yang disertai ilustrasi transaksi riil. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan akuntansi perbankan syariah. Buku ini menjadi referensi penting bagi pembaca yang ingin mengetahui operasional bank syariah, khususnya terkait akuntansi perbankan syariah di Indonesia.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Rizal Yaya / Aji Erlangga Martawireja / Ahim Abdurahim

Penerbit: Salemba
ISBN: 9789790614215
Terbit: Januari 2009, 434 Halaman

Ikhtisar

Buku “Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer” mengulas akuntansi syariah secara lengkap, mulai dari sejarah perkembangan akuntansi syariah, pengembangan perbankan syariah, sistem operasional bank syariah hingga cara perhitungan bagi hasil yang disertai ilustrasi transaksi riil. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan akuntansi perbankan syariah. Buku ini menjadi referensi penting bagi pembaca yang ingin mengetahui operasional bank syariah, khususnya terkait akuntansi perbankan syariah di Indonesia.

Ulasan Editorial

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas semua anugerah dan hidayah-Nya, sehingga dengan izin dan kasih sayang-Nya kita dapat terus berkarya dalam bidang keahlian kita masing-masing. Shalawat dan salam kita sampaikan bagi manusia paripurna Rasulullaah Muhammad saw. yang dengan kesabarannya telah mempertemukan hati kita dengan cahaya Illahi yang kemudian memberikan semangat untuk selalu menebarkan kebaikan dan manfaat.

Saya menyambut baik sekaligus bangga atas diterbitkannya buku ini. Buku ini menjadi salah satu pelita di tengah terbatasnya literatur keilmuan tentang operasional perbankan syariah, khususnya terkait akuntansi perbankan syariah yang mengiringi pesatnya perkembangan industri perbankan Syariah di Indonesia. Sdr. Rizal Yaya, Sdr. Aji Erlangga Martawireja, dan Sdr. Ahim Abdurahim merupakan sedikit dari ilmuwan yang menyadari keterbatasan tersebut, dan dengan kesadarannya telah memberikan sumbangsih nyata untuk umat dengan menerbitkan buku yang berjudul “Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer”.

Buku ini mengulas akuntansi syariah secara lengkap, mulai dari sejarah perkembangan akuntansi syariah, pengembangan perbankan syariah, sistem operasional bank syariah hingga cara perhitungan bagi hasil yang disertai ilustrasi transaksi riil. Hal ini menjadikan buku ini unik sekaligus menarik. Begitu pula, muatan mengenai akuntansi syariah yang menjadi materi utama dalam buku ini telah disajikan secara komprehensif dengan mengacu pada PSAK terakhir maupun acuan akuntansi lainnya, seperti AAOIFI dan sebagainya. Singkat kata, muatan buku ini begitu lengkap, sehingga layak untuk dijadikan acuan oleh para akademisi maupun praktisi.

Dengan hadirnya buku “Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer ini”, kami berharap pemahaman para stakeholder perbankan syariah mengenai akuntansi perbankan syariah dapat lebih meluas dan mendalam, di samping akan mendorong semua pihak untuk lebih berkontribusi dalam pengembangan industri perbankan syariah.

Billahit Taufiq Wal Hidayah, Wassalaamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Direktorat Perbankan Syariah - Bank Indonesia / Ramzi A. Zuhdi

Saya menyambut baik terbitnya buku yang berjudul “Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer” yang ditulis oleh Rizal Yaya, Aji Erlangga Martawireja, dan Ahim Abdurrahim. Terbitnya buku ini sangat penting dan tepat waktu karena saat ini perbankan Indonesia banyak membuka bank syariah dalam bentuk Usaha Unit Syariah (UUS) dan Badan Usaha Syariah (BUS), baik melalui spin off maupun konversi bank konvensional menjadi BUS. Dengan makin banyaknya bank syariah, maka sudah barang tentu SDM yang terlibat dengan bank syariah ini perlu ditingkatkan. Mereka inilah yang memerlukan pengetahuan tentang produk dan tata cara pencatatan dan pelaporan akuntansi syariah.

Sebagai buku baru, saya yakin buku ini ditulis lebih baik dari buku-buku yang sudah ada. Buku ini mengacu pada peraturan-peraturan baru, seperti PSAK Syariah dan berbagai ketentuan regulator yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia maupun Dewan Syariah Nasional. Isinya cukup luas, komprehensif, serta mencakup teori dan praktik perbankan syariah yang kita kenal. Penulisnya adalah orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya, dan bukan saja memiliki latar belakang akademis, tetapi juga pengalaman praktik di lapangan. Modal kombinasi teori dan praktik ini tentu akan menjadi keuntungan tambahan dalam menuliskan pengetahuannya dalam bentuk buku yang Anda pegang ini.

Kepada para penulis, saya mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Buku seperti ini masih tergolong langka dan sangat dibutuhkan masyarakat. Makin banyak buku, walaupun membahas topik yang sama, pasti lebih baik dibandingkan hanya sedikit buku yang diterbitkan. Kepada penulis, saya menganjurkan untuk terus berkarya, masih banyak animo masyarakat yang harus dipenuhi, terutama kehausan akan pengetahuan dalam bidang ekonomi, keuangan, perbankan, dan akuntansi syariah ini. Saya meyakinkan bahwa buku ini layak dan sangat perlu dibaca, baik oleh akademisi maupun praktisi.

Sekali lagi selamat dan semoga Allah Swt. memberikan limpahan rahmatnya kepada ketiga penulis atas sumbangsihnya dalam mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan langka ini kepada khalayak ramai

Universitas Trisakti Jakarta, Pakar Akuntansi Syariah / Prof. Dr. Sofyan S. Harahap (alm.)

Pendahuluan / Prolog

Akuntansi Syariah
Studi tentang akuntansi syariah pada industri perbankan telah berkembang tidak hanya pada perguruan tinggi berbasis Islam, melainkan juga pada perguruan tinggi umum yang memandang ini sebagai bidang ilmu yang penting untuk mendukung karier lulusannya di industri perbankan syariah. Akan tetapi, kendati telah banyak perguruan tinggi yang menawarkan mata kuliah ini, referensi yang digunakan masih terbatas. Hampir semua buku yang tersedia memiliki keterbatasan dalam lingkup tema yang dibahas, aspek kekinian konsep dan praktik di lapangan serta aspek keterpaduan ilustrasi kasus yang dibahas. Keterbatasan tersebut sering kali mengakibatkan dosen pengajar mata kuliah ini mengalami kesulitan dalam menyampaikan perkuliahan secara komprehensif dan kontekstual.

Kebutuhan akan adanya buku ajar di bidang akuntansi perbankan syariah yang dapat memberikan gambaran komprehensif dan terkini dari sisi teori dan praktiknya telah mendorong penulis untuk menulis buku ajar ini. Penulisan buku berjudul “Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer” ini merupakan refleksi dari pengalaman penulis dalam mengajar mata kuliah Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah I (Perbankan Syariah) sejak tahun 2004 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan follow-up dari observasi yang penulis lakukan di Kantor Cabang Yogyakarta Bank Muamalat Indonesia selama dua bulan pada akhir tahun 2006 serta interaksi dengan pimpinan dan staf Departemen Akuntansi Bank Syariah Mandiri selama beberapa bulan di awal tahun 2009. Buku ini juga telah mengakomodasi standar akuntansi syariah terbaru, yaitu PSAK 101 sampai dengan PSAK 106 tahun 2007 yang merupakan revisi dari PSAK 59 tahun 2002.

Materi yang disajikan dalam buku ini diarahkan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan pembelajaran akuntansi perbankan syariah oleh dosen di perguruan tinggi di Indonesia dan praktisi pemula di bidang akuntansi perbankan syariah. Dalam hal ini, sistematika penulisannya diarahkan pada penguasaan konsep-konsep dasar akuntansi syariah serta alternatif kebijakan akuntansi yang dipilih bank syariah. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, baik dari sisi pengetahuan dan kemampuan akuntansi para mahasiswa, materi pada buku ajar ini dilengkapi dengan ilustrasi kasus beserta varian transaksi yang mungkin timbul dalam suatu siklus akuntansi.


Penulis

Rizal Yaya - Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ak.

Lulus S-1 dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM) tahun 1997, lulus S-2 di Program Master of Science in Accounting, International
Islamic University Malaysia (IIUM) tahun 2003. Saat ini, beliau mengampu mata kuliah Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Akuntansi Manajemen Sektor Publik. Pernah menjadi dosen tamu di program studi S-1 Manajemen Universitas Airlangga, program studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia, dan program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Beliau aktif menulis artikel di harian Republika dan berbagai jurnal ilmiah serta menjadi narasumber dalam beberapa seminar dan pelatihan tentang Akuntansi Perbankan Syariah. Beliau juga pernah tampil sebagai pembicara di 5 konferensi Internasional, 3 kali di Malaysia, dan 2 kali di Indonesia. Tulisannya tentang “The Emerging Issues on the Objectives and Characteristics of Islamic Accounting” telah dimuat di jurnal internasional, yaitu Malaysian Accounting Review, edisi Juni 2005.
Aji Erlangga Martawireja - Aji Erlangga Martawireja, S.E., M.Si., Ak.

Lulus S-1 di program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM) tahun 2000. Lulus Magister Sains Pusat Studi Timur Tengah dan Islam—Ekonomi dan Keuangan Syariah, Pascasarjana, Universitas Indonesia tahun 2007. Saat ini, beliau menjabat sebagai Kepala Bagian—Bagian Laporan Eksternal dan Rekonsiliasi Kantor Pusat, Divisi Akuntansi PT Bank Syariah Mandiri. Beliau pernah menjabat sebagai Staf Auditor Kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo, & Co., Andersen tahun 1999, Senior Staff—Cost & Budgetary Controller, Capital Managers Asia Pte. Ltd. (Grup Bakrie), Jakarta tahun 2002–2003, Financial Controller, PT Global-Net Capital, Jakarta tahun 2003–2004, Kepala Seksi—Seksi Laporan Eksternal Kantor Pusat Divisi Operasi & Akuntansi tahun 2004–2006, Jakarta. Beliau juga pernah mengikuti pelatihan Islamic Banking & Finance diselenggarakan oleh Red Money Institute, Kuala Lumpur.
Ahim Abdurahim - Ahim Abdurahim, S.E., M.Si., Ak.

Lahir di Kuningan, 26 November 1970. Telah menyelesaikan studi D-3 dan S-1 di YKPN tahun 1993 dan 1995 serta Magister Sains Univ. Gadjah Mada (UGM) tahun 1999. Tahun 1996, penulis mengajar di Universitas Muhammadiyah. Sejak saat itu, beliau mendalami dan mengajar mata kuliah ekonomi Islam. Mulai tahun 2004, penulis mengajar Akuntansi Perbankan Syariah hingga sekarang. Beliau juga telah mengikuti pelatihan akuntansi dan perbankan syariah, menjadi pengurus IAEI dan MES cabang Yogyakarta. Sebagai Direktur Dana Pensiun Muhamamdiyah dari tahun 2000–2006 dan 2006–2011, secara intens berinteraksi dengan para praktisi BPRS dan Bank Umum Syariah. Pernah menulis buku “Dalil-dalil Naqli” Seri Ekonomi Islam.

Daftar Isi

Sampunl depan
Profil Penulis
Kata
Sambutan Ramzi A. Zuhdi
Kata Sambutan Sofyan Syafri Harahap
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Sejarah Perkembangan Akuntansi Syariah
     Pendahuluan
     Pengaruh Islam terhadap Perkembangan Akuntansi
     Praktik Akuntansi Pemerintahan Islam
     Hubungan Peradaban Islam dengan Buku Pacioli
     Berbagai Pendekatan dalam Mengembangkan Akuntansi Syariah
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 2. Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah
     Pendahuluan
     Sejarah Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah
     Lembaga Keuangan Syariah Modern
     Lembaga-lembaga Pendukung Bank Syariah di Tingkat Internasional
     Lembaga-lembaga Keuangan Syariah di Indonesia
     Bank Syariah dan Perkembangannya di Indonesia
     Institusi Pendukung Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia
     Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia
     Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 3. Prinsip Dasar Bank Syariah
     Pendahuluan
     Definisi Lembaga Keuangan Syariah
     Larangan terhadap Transaksi yang Mengandung Barang atau Jasa yang Diharamkan
     Larangan terhadap Transaksi yang Diharamkan Sistem dan Prosedur Perolehan Keuntungannya
     Larangan terhadap Transaksi yang Tidak Sah Akadnya
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 4. Sistem Operasional Bank Syariah
     Pendahuluan
     Definisi, Asas, dan Tujuan Bank Syariah
     Fungsi Bank Syariah
     Sistem Operasional Bank Syariah
     Prinsip-prinsip dalam Penghimpunan Dana Bank Syariah
     Prinsip Penyaluran Dana Bank Syariah
     Prinsip-prinsip dalam Pelaksanaan Fungsi Jasa Keuangan Perbankan
     Referensi:
     Soal-soal Latihan
     Apendiks
     Lembar Jawaban
Bab 5. Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
     Pendahuluan
     Perkembangan Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan
Keuangan Syariah—Ikatan Akuntan Indonesia
     Tujuan dan Peranan Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan
Keuangan Syariah
     Aspek yang Terkait dengan Transaksi Syariah dan Pemakai Laporan
Keuangan Syariah
     Tujuan dan Peranan Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah
     Aspek yang Terkait dengan Transaksi Syariah dan Pemakai Laporan Keuangan Syariah
     Tujuan Laporan Keuangan
     Asumsi Dasar
     Karakteristik Kualitatif Informasi Keuangan Syariah
     Unsur-unsur Laporan Keuangan
     Pengakuan dan Pengukuran Unsur-unsur Laporan Keuangan
     Catatan atas Laporan Keuangan
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 6: Akuntansi Penghimpunan Dana
     Pendahuluan
     Ketentuan Syariah
     Tabungan
     Giro
     Deposito Mudharabah
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 7. Akuntansi Transaksi Investasi Mudharabah
     Pendahuluan
     Definisi dan Penggunaan
     Ketentuan Syar’i, Rukun Transaksi, dan Pengawasan Syariah Transaksi
Mudharabah
     Alur Transaksi Mudharabah
     Cakupan Standar Akuntansi Mudharabah bagi Bank Syariah
     Teknis Perhitungan dan Penjurnalan Transaksi Mudharabah
     Penyajian Transaksi Mudharabah dalam Laporan Keuangan
     Pengungkapan Transaksi Mudharabah
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 8. Akuntansi Transaksi Investasi Musyarakah
     Pendahuluan
     Definisi dan Penggunaan
     Ketentuan Syar’i, Rukun Transaksi, dan Pengawasan Syariah Transaksi
Musyarakah
     Alur Transaksi Musyarakah
     Cakupan Standar Akuntansi Transaksi Musyarakah bagi Bank Syariah (Mitra Pasif)
     Teknis Perhitungan dan Penjurnalan Transaksi Musyarakah
     Referensi
     Soal-soal Latihan
     Lembar Jawaban
Bab 9. Akuntansi Transaksi Murabahah
     Pendahuluan