Buku Salemba hanya dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Akuntansi Suatu Pengantar 1

Berbasis PSAK

1 Pembaca
Rp 129.900 42%
Rp 75.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 225.000 50%
Rp 37.500 /orang
Rp 112.500

5 Pembaca
Rp 375.000 60%
Rp 30.000 /orang
Rp 150.000

Buku “Akuntansi Suatu Pengantar: Berbasis PSAK” membahas tentang langkah-langkah penyusunan laporan keuangan perusahaan berdasarkan PSAK terbaru secara terperinci. Laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan akan digunakan untuk pengambilan keputusan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) perusahaan. Ilustrasi dan contoh soal yang ada dapat membantu pembaca untuk memahami proses penyusunan laporan keuangan perusahaan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa D-3 dan S-1 dalam mata kuliah Pengantar Akuntansi 1. Praktisi dan masyarakat umum yang ingin mempelajari akuntansi dan ingin menyusun laporan keuangan perusahaan juga dapat menjadikannya sebagai salah satu referensi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Catur Sasongko / Agustin Setyaningrum / Annisa Febriana / Ayu Nadia Hanum / Aisyah Dian Pratiwi / Vivi Zuryati

Penerbit: Salemba
ISBN: 9789790618848
Terbit: Januari 2016, 308 Halaman

Ikhtisar

Buku “Akuntansi Suatu Pengantar: Berbasis PSAK” membahas tentang langkah-langkah penyusunan laporan keuangan perusahaan berdasarkan PSAK terbaru secara terperinci. Laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan akan digunakan untuk pengambilan keputusan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) perusahaan. Ilustrasi dan contoh soal yang ada dapat membantu pembaca untuk memahami proses penyusunan laporan keuangan perusahaan. Buku ini ditujukan untuk mahasiswa D-3 dan S-1 dalam mata kuliah Pengantar Akuntansi 1. Praktisi dan masyarakat umum yang ingin mempelajari akuntansi dan ingin menyusun laporan keuangan perusahaan juga dapat menjadikannya sebagai salah satu referensi.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar Akuntansi, PSAK, Idealisme PPA FEB-UI
Pengantar Akuntasi adalah mata kuliah di bidang ilmu ekonomi, khususnya akuntansi, yang menjadi mata kuliah atau materi awal bagi seseorang memahami akuntansi. Materinya berisikan konsep dasar akan akuntansi, persamaan akuntansi, dan laporan keuangan. Sejak awal 2015, penerapan prinsip-prinsip akuntansi wajib untuk berpedoman terhadap PSAK. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) merupakan pedoman dalam melakukan praktik akuntansi di mana uraian materi di dalamnya mencakup hampir semua aspek yang berkaitan dengan akuntansi. Penyusunannya melibatkan sekumpulan orang dengan kemampuan dalam bidang akuntansi yang tergabung dalam suatu lembaga yang dinamakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Dengan kata lain, PSAK dapat dikatakan sebagai buku petunjuk bagi pelaku akuntansi yang berisi pedoman tentang segala hal yang ada hubungannya dengan akuntansi.

Berawal dari idealisme anak-anak muda yang berkecimpung dalam Lab. Akuntansi Fak. Ekonomi & Bisnis Univ. Indonesia (FEB-UI) untuk melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, maka Lab. Akuntansi FEB-UI mengadakan pelatihan Dasar-Dasar Akuntansi untuk masyarakat umum pada 2002. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan pelatihan akuntansi keuangan menengah. Pada 2010, pelatihan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Menengah dipindahkan pengelolaannya ke Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB-UI. Seiring dengan adanya permintaan dari para peserta pelatihan, kedua pelatihan tersebut digabungkan menjadi pelatihan Akuntansi Keuangan.

Sejak pembukaan pelatihan pada 2002 hingga saat ini, terdapat lebih dari 2.000 peserta yang telah mengikuti pelatihan. Pembukaan pelatihan tersebut membutuhkan adanya buku pegangan untuk pengajar dan peserta pelatihan yang tidak terlalu teoretis dan lebih berisikan penjelasan tentang hal-hal teknis yang harus dikuasai oleh seseorang atau institusi yang ingin menyusun laporan keuangan. Hal ini yang menjadi dasar dalam penyusunan dan penyajian buku “Akuntansi Suatu Pengantar: Berbasis PSAK”.

Selama 13 tahun, buku ini telah mengalami serangkaian perbaikan yang dilakukan oleh Tim Revisi PPA FEB-UI agar tetap sesuai dengan kondisi terkini. Perbaikan dilakukan terhadap konsep-konsep yang dijelaskan, ilustrasi, dan soal-soal di dalam buku. Revisi atas buku ini juga dilakukan agar tetap sesuai dengan perkembangan PSAK yang terjadi di Indonesia. Buku ini juga mencoba untuk menyesuaikan dengan kurikulum yang ada dalam Ujian Sertifikasi Accounting Technician (Certified Accounting Technician). Revisi terakhir dilakukan ketika buku ini akan diterbitkan untuk menyesuaikan dengan silabus mata ajar Pengantar Akuntansi 1 yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Penulis

Catur Sasongko - Catur Sasongko, S.E., Ak., M.B.A., C.A.

Penulis menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) pada tahun 1999. Setelah bekerja selama 1 tahun sebagai Auditor Internal di salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, beliau memutuskan untuk bergabung menjadi konsultan dan staf pengajar di Departemen Akuntansi FEB-UI. Pada tahun 2006, beliau melanjutkan pendidikan S-2 di Universiti Malaya dan berhasil meraih gelar Master Business of Administration (M.B.A.) pada tahun 2008. Kemudian, beliau bergabung ke Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB-UI sebagai konsultan dan kepala Divisi Pelatihan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PPA FEB-UI.

Pengalaman pengajaran di luar FEB-UI dan konsultasi diperoleh dengan menjadi staf pengajar serta konsultan akuntansi dan keuangan pada PPA FEB-UI sejak 2008 sampai sekarang. Mata ajar yang diampu oleh penulis adalah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Syariah, Manajemen Keuangan, Manajemen Keuangan Lanjutan, Manajemen Investasi, Sistem Informasi Akuntansi, dan Sistem Informasi Manajemen. Selain sebagai staf pengajar, beliau juga bekerja pada Penerbit Salemba (PT Salemba Emban Patria) sejak tahun 2014.
Agustin Setyaningrum - Agustin Setyaningrum, S.E., M.Si., Ak., C.P.S.A.K., C.P.M.A.

Staf pengajar pada Departemen Akuntansi FEB-UI sejak 2014 sampai saat ini. Penulis menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di FEB-UI pada 2007 dan S-2 Akuntansi di Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi FEB-UI pada 2014. Gelar sertifikasi yang dimiliki penulis adalah Certified Professional Management Accountant dari Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) dan Certified PSAK dari Institut Akuntan Indonesia (IAI). Selain sebagai staf pengajar, penulis adalah Kepala Divisi Pelatihan Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB-UI sejak 2014. Penulis juga aktif sebagai pengajar pelatihan dan konsultan akuntansi pada PPA-FEUI. Mata ajar yang diampu adalah Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Metode Penelitian Akuntansi, dan Sistem Informasi Akuntansi.
Annisa Febriana - Annisa Febriana, S.E., C.P.S.A.K.

Asisten dosen pada Departemen Akuntansi FEB-UI sejak 2008 sampai sekarang. Penulis menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di FEB-UI pada 2010. Gelar sertifikasi yang dimiliki penulis adalah Certified PSAK dari Institut Akuntan Indonesia (IAI). Penulis adalah staf pengajar dan konsultan pada Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB-UI sejak 2011 sampai saat ini. Penulis adalah instruktur pelatihan Akuntansi Keuangan di PPA FEB-UI sejak 2011.
Ayu Nadia Hanum - Ayu Nadia Hanum, S.E., C.P.S.A.K.

Asisten dosen pada Departemen Akuntansi FEB-UI sejak 2012 sampai sekarang. Penulis menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di FEB-UI pada 2012. Gelar sertifikasi yang dimiliki penulis adalah Certifi ed PSAK dari Institut Akuntan Indonesia (IAI). Penulis adalah staf pengajar dan konsultan pada Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB-UI sejak 2012 sampai saat ini. Penulis adalah instruktur pelatihan Akuntansi Keuangan di PPA FEB-UI sejak 2012.
Aisyah Dian Pratiwi - Aisyah Dian Pratiwi, S.E., C.P.S.A.K.

Asisten dosen pada Departemen Akuntansi FEB-UI sejak 2009 sampai sekarang. Penulis menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di FEB-UI pada 2010. Gelar sertifikasi yang dimiliki penulis adalah Certified PSAK dari Institut Akuntan Indonesia (IAI). Penulis adalah staf pengajar dan konsultan pada Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FEB-UI sejak 2010 sampai saat ini. Penulis adalah instruktur pelatihan Akuntansi Keuangan di PPA FEB-UI sejak 2010.
Vivi Zuryati - Vivi Zuryati, S.E.

Staf pengajar dan konsultan pada Pusat Pengembangan Akuntansi Fak. Ekonomi dan Bisnis Univ. Indonesia (PPA FEB-UI) sejak 2014 sampai sekarang. Penulis menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di FEB-UI pada 2013. Penulis adalah staf pengajar dan konsultan pada PPA FEB-UI sejak 2014 sampai saat ini. Penulis adalah instruktur pelatihan Akuntansi Keuangan di PPA FEB-UI sejak 2014.

Daftar Isi

Sampul depan
Tentang Penulis
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep dan Prosedur Akuntansi
     Pendahuluan
     Definisi Akuntansi
     Laporan Posisi Keuangan
     Persamaan Akuntansi yang Diperluas
     Laporan Laba Rugi dan Laporan Perubahan Modal Pemilik
Bab 2. Menganalisis dan Mencatat Transaksi Bisnis
     Pendahuluan
     Siklus Akuntansi
     Dokumen Sumber Transaksi
     Kode Akun
     Akun T (T-Account)
     Pencatatan Transaksi Bisnis
     Pemindahan Ayat Jurnal ke Buku Besar (Posting)
     Penyusunan Neraca Saldo
     Ayat Jurnal Koreksi
Bab 3. Ayat Jurnal Penyesuaian
     Bab 4. Neraca Lajur dan Laporan Keuangan
     Neraca Lajur
     Laporan Keuangan
     Pendahuluan
     Ringkasan Proses Penyesuaian
     Pembuatan Ayat Jurnal Penyesuaian di PO Semesta Raya
Bab 5. Menyelesaikan Siklus Akuntansi
     Penyusunan Ayat Jurnal Penutup pada PO Semesta Raya
     Neraca Saldo Setelah Penutupan
Bab 6. Akuntansi Perusahaan Dagang serta Jurnal Khusus Penjualan dan Penerimaan Kas
     Pendahuluan
     Akuntansi Perusahaan Dagang
     Jurnal Khusus dan Buku Besar Pembantu
     Memo Kredit
     Jurnal Penerimaan Kas
Bab 7. Jurnal Pembelian dan Pengeluaran Kas
     Pendahuluan
     Pembelian
     Jurnal Pembelian dan Buku Besar Pembantu Utang Dagang
     Memo Debit (Debit Memorandum)
     Jurnal Khusus Pengeluaran Kas dan Buku Besar Utang Dagang
     Sistem Voucher
     Daftar Utang Dagang
     Neraca Saldo
Bab 8. Menyelesaikan Siklus Akuntansi untuk Perusahaan Dagang
     Mencatat Ayat Jurnal Penyesuaian
     Ringkasan Proses Penyesuaian
     Laporan Laba Rugi
     Laporan Perubahan Modal Pemilik
     Laporan Posisi Keuangan
     Proses Penutupan
     Apendiks
Bab 9. Kas dan Bank
     Karakteristik Kas dan Setara Kas
     Akuntansi untuk Kas Kecil
     Rekonsiliasi Bank
     Penyajian Kas dalam Laporan Posisi Keuangan Perusahaan
Bab 10. Akuntansi Piutang dan Wesel Tagih
     Klasifikasi Piutang
     Penurunan Nilai Piutang
     Karakteristik Wesel Tagih
     Akuntansi Wesel Tagih
     Penyajian Piutang dalam Laporan Posisi Keuangan
Bab 11. Akuntansi Persediaan Barang Dagang
     Karakteristik Persediaan Barang Dagang
     Asumsi Arus Biaya Persediaan Barang Dagang
     Metode Biaya Persediaan dengan Sistem Pencatatan Perpetual
     Metode Biaya Persediaan dengan Sistem Pencatatan Periodik
     Lower of Cost or Net Realizable Value
     Penyajian Persediaan Barang Dagang dalam Laporan Posisi Keuangan
Bab 12. Aset Tetap
     Pendahuluan
     Karakteristik Aset Tetap
     Biaya Perolehan Aset Tetap
     Penyusutan Aset Tetap
     Penyusutan Aset Tetap yang Dibeli Bukan pada Awal Tahun
     Biaya Setelah Perolehan Awal
     Pelepasan Aset Tetap
     Penarikan Aset Tetap
     Penjualan Aset Tetap
     Akuntansi Penjualan Aset Tetap
     Pertukaran Aset Tetap
     Penyajian Aset Tetap
Bab 13. Aset Takberwujud
     Pendahuluan
     Karakteristik Aset Takberwujud
     Aset Takberwujud yang Dihasilkan secara Internal
     Perlakuan Akuntansi untuk Aset Takberwujud
     Penyajian Aset Takberwujud
Dafatra Pustaka
Indeks
Sampul belakang