Tampilkan di aplikasi

Buku Scopindo Media Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Organizational Citizenship Behavior di Bank Syariah

1 Pembaca
Rp 61.000 8%
Rp 56.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 168.000 13%
Rp 48.533 /orang
Rp 145.600

5 Pembaca
Rp 280.000 20%
Rp 44.800 /orang
Rp 224.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Dalam buku ini akan dibahas mengenai bagaimana perilaku berbagi pengetahuan dalam perspektif islam di dalam kehidupan nyata. Pokok Pembahasan dalam buku ini diantaranya mengenai etos kerja, manajemen sumber daya manusia, dan juga perilaku berbagi pengetahuan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hamsani

Penerbit: Scopindo Media Pustaka
ISBN: 9786239375713
Terbit: Maret 2020 , 88 Halaman










Ikhtisar

Dalam buku ini akan dibahas mengenai bagaimana perilaku berbagi pengetahuan dalam perspektif islam di dalam kehidupan nyata. Pokok Pembahasan dalam buku ini diantaranya mengenai etos kerja, manajemen sumber daya manusia, dan juga perilaku berbagi pengetahuan.

Pendahuluan / Prolog

Fenomena SDM di Bank Syariah
Islam telah memberi rambu-rambu bahwa bisnis tidak hanya sekedar berorientasi mencari keuntungan semata (profit oriented), tetapi harus dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah sehingga bisnis tersebut dapat mensejahterakan seluruh umat secara universal (Sule & Hasanudin, 2016).

Oleh karena itu, kehadiran perbankan syariah di Indonesia merupakan suatu perwujudan dari permintaan masyarakat yang membutuhkan suatu sistem perbankan alternatif yang selain menyediakan jasa perbankan/keuangan yang sehat, juga memenuhi prinsip-prinsip syariah. Tetapi sayangnya, secara umum, kebijakan pengembangan perbankan syariah di Indonesia belum mencapai target ideal yang direncanakan.

Berdasarkan Global Islamic Financial Report (GIFR) tahun 2014, Indonesia menduduki urutan ketujuh, turun tiga peringkat, yang sempat menempati urutan keempat pada tahun 2011. Sebagai negara yang memiliki potensi dan kondusif dalam pengembangan industri keuangan syariah setelah Iran, Malaysia dan Saudi Arabia serta melihat dari beberapa aspek dalam penghitungan indeks, seperti jumlah Bank Syariah, jumlah lembaga keuangan non-Bank Syariah, maupun ukuran aset keuangan syariah, dapat dikatakan bahwa perkembangan perbankan syariah di Indonesia berjalan di tempat, bahkan belum menunjukkan perkembangan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga Bank Syariah dipandang belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkeadilan. Secara objektif, Bank Syariah masih kalah jauh bersaing dengan bank umum konvensional dan perkembangannya pun sangat lamban (Syukron, 2013).

Penulis

Hamsani - Dr. Hamsani, S.E., M.Sc, lahir di Desa Nibung-Koba, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitug, pada tanggal 17 Juni 1969. Saat ini penulis adalah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bangka BelitungPenulis menempuh Pendidikan SMP Negeri 1 Koba, Bangka Tengah (1986), melanjutkan ke SMEA Negeri 1 (sekarang SMK Negeri 1 Pangkalpinang) lulus tahun 1989Pada tahun 1989, melanjutkan pendidikan S-1 di Fakultas Ekonomi (sekarang Fakultas Ekonomika dan Bisnis) jurusan manajemen di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kemudian melanjutkan S- 2 (Master of Sciences) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Jurusan Manajemen di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, lulus pada tahun 2009. Sedangkan Program Doktoral, penulis tempuh di program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Universitas Padjadjaran Bandung, lulus 2018. Penulis juga pernah mengajar di beberapa Sekolah, Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi seperti: SMP Muhammadiyah Pangkalpinang, SMK Sore Pangkalpinang, STIE Dehasen Bengkulu (Sekarang UNSIDA), STIE IBEK Pangkalpinang, Magester Manajemen Pertiba Pangkalpinang dan sebagai Tutor Universitas Terbuka di Pangkalpinang

Daftar Isi

Sampul
Prakata
Daftar Isi
Bab I: Fenomena SDM di Bank Syariah
Bab II: Etos Kerja Islam
     A. Pengertian Etos Kerja Islam
     B. Unsur Utama Etos Kerja Islam
     C. Indikator Etos Kerja Islam
Bab III: Kompetensi Sumber Daya Insani
     A. Komponen Kompetensi Sumber Daya Insani
     B. Dimensi Kompetensi SDI
     C. Indikator Kompetensi SDI
     D. Meningkatkan Kompetensi SDI
Bab IV: Kepribadian
     A. The Big Five Personality
     B. Dimensi kepribadian (personality)
     C. Indikator Kepribadian
Bab V: Perilaku Berbagi Pengetahuan (PBP)
     A. Pengetahuan (Knowledge)
     B. Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing)
     C. Perbedaan Knowledge Sharing (KS) dan Knowledge Transfer (KT
     D. Perilaku Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing Behavior)
     E. Perilaku Berbagi Pengetahuan dalam konteks Islam
     F. Dimensi Perilaku Berbagi Pengetahuan dalam konteks Islam
     G. Indikator Perilaku Berbagi Pengetahuan Dalam Konteks Islam
Bab VI: Organizational Citizenship Behavior Dalam Perspektif Islam (OCB-IP)
     A. Pengertian OCB-PI
     B. Dimensi OCB-PI.
     C. Indikator OCB-PI
Daftar Pustaka