Tampilkan di aplikasi

Andaliman

Majalah Sedap - Edisi 11/2018
6 November 2018

Majalah Sedap - Edisi 11/2018

Dengan aroma rempahnya yang cukup kuat, andaliman mampu menjadikan hidangan khas Nusantara terasa lebih otentik saat disantap. / Foto : AGUSTUA

Sedap
Banyak orang menyamakan rempah khas asal Sumatera ini dengan merica. Namun andaliman memiliki karekter rasa dan aroma yang berbeda dengan merica. Dengan aroma rempahnya yang cukup kuat, andaliman mampu menjadikan hidangan khas Nusantara terasa lebih otentik saat disantap.

KARAKTER. Andaliman atau disebut juga merica batak merupakan tanaman rempah yang banyak dijumpai di kawasan Sumatera. Maka, tak heran bila hidangan khas suku Batak banyak memanfaatkan bumbu rempah dari tanaman ini.

Namun siapa sangka, tanaman yang berbentuk bulatanbulatan kecil mirip merica ini ternyata termasuk ke dalam rumpun jerukjerukan, lo. Aroma khasnya yang cukup kuat berasal dari kandungan minyak atsiri di dalamnya dan mampu menghilangkan bau amis ikan pada masakan, termasuk ikan mentah.

PENGGUNAAN. Penggunaan andaliman segar pada masakan hanya diperlukan sedikit saja karena aroma dan rasanya yang sudah cukup kuat. Namun jika menggunakan andaliman kering, takaran penggunaannya bisa ditambahkan sedikit. Andaliman banyak digunakan sebagai bumbu pada masakan khas Sumatera Utara, seperti arsik, mi gomak, sambal tuktuk, serta aneka masakan khas suku Batak lainnya.

PENYIMPANAN. Di kawasan Sumatera, bumbu rempah ini kerap dijumpai dan digunakan dalam kondisi masih segar. Namun untuk penyetokan, sebaiknya menyimpan andaliman yang sudah dikeringkan. Simpan andaliman di dalam wadah tertutup rapat dan tidak terkena sinar matahari langsung, serta dijauhkan dari suhu lembap.

Sebaiknya segera gunakan andaliman atau simpan sedikit saja karena aroma minyak atsiri yang terkandung di dalamnya mudah menguap bila terlalu lama disimpan.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI