Tampilkan di aplikasi

Kiwi, sumber vitamin c & enzim juga menjaga kesehatan mata serta kulit

Majalah Sedap - Edisi 12/2018
4 Desember 2018

Majalah Sedap - Edisi 12/2018

Kiwi punya beberapa kelebihan. / Foto : Istimewa

Sedap
Tiap-tiap jenis buah memiliki kelebihan dan kekurangan. Buah kiwi tak terkecuali. Walaupun rasa dan popularitasnya tidak menyamai jeruk atau anggur, kiwi punya beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan buah kiwi?

Sedap Lovers tentu penasaran dan ingin tahu, kan, apa saja beberapa kelebihan dari buah kiwi yang baik bagi tubuh dan layak dikonsumsi secara rutin di dalam menu sehari-hari. Yuk, kita perhatikan satu per satu!

• TINGGI VITAMIN C

Dibandingkan buah kebanyakan, kandungan vitamin C kiwi tergolong sangat istimewa. Satu buah kiwi saja walaupun ukuran kecil, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Tingginya vitamin C membuat kiwi cocok dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dengan bobot yang sama, kiwi mengandung vitamin C hampir 2 kali lipat jeruk. Tapi sekali lagi, tiap buah memiliki kelebihan dan kekurangan. Kandungan vitamin C kiwi memang lebih tinggi, tapi jeruk berisi lebih banyak cairan dan mudah dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kita bisa menghabiskan 1 kg jeruk sekaligus. Tapi bila kita makan kiwi sejumlah itu, mungkin perut akan terasa penuh.

• ENZIM CERNA

Kiwi mengandung aktinidin yang bisa membantu mencerna protein. Sifatnya mirip nanas yang bisa dimanfaatkan untuk pengempuk daging. Adanya enzim ini membuat irisan kiwi cocok disajikan bersama lauk berprotein seperti ikan atau ayam. Di saluran cerna, kiwi bisa mengaktifkan sistem pencernaan kita, terutama jika menunya berprotein.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI