Tampilkan di aplikasi

Unik di lidah Gelato halal bercita rasa lokal

Majalah Sedap - Edisi 12/2018
4 Desember 2018

Majalah Sedap - Edisi 12/2018

Gelato atau es krim khas Italia ini pada umumnya tersaji dalam varian rasa vanila, cokelat, hazelnut, pistachio, creamy, atau stracciatella.

Sedap
Mengusung konsep gelato lokal, pasangan Andromeda Sindoro Soekarno (31) dan Yuki Rahmayati (30) menyuplai bahan utama susu dari peternak di Cangkringan, Sleman. Demi memberi varian rasa pada gelato, mereka membeli cokelat dari Makassar dan Pekalongan, stroberi dari Bandung dan Bandungan, serta kopi dari Medan. “Jadi tiap varian rasa gelato punya cerita tersendiri,” tutur Yuki.

Tak hanya itu, Ademuy Gelato pun mengembangkan varian rasa gelato dari kuliner Nusantara. “Di awal usaha kami hanya punya 12 varian rasa. Seiring waktu makin bertambah dan kini sudah ada 39 varian rasa berbeda. Ada rasa yang di mix, ada juga hasil pengembangan rasa Nusantara,” jelas Yuki. Dari puluhan varian rasa yang ada, gelato rasa rendang jadi yang terunik. “Idenya muncul dari kuis yang kami unggah di Instagram.

Kami tanyakan ke followers, rasa gelato apa yang ingin mereka coba. Rendang jadi pilihan terbanyak,” ujar Yuki. Untuk mewujudkan permintaan followers, selama 1 minggu Yuki dan Andro berkeliling ke sejumlah rumah makan khas Padang di Yogyakarta. Setelah ditemukan rasa rendang yang paling cocok, mereka masak sendiri rendangnya.

Rendang memiliki aroma dan rasa rempah yang sangat kuat, maka untuk 1 liter gelato Yuki hanya mencampurkan 4-5 sendok makan rendang saja. Tak hanya bumbu rendangnya yang ia masukkan ke dalam gelatonya, tapi juga beserta potongan daging sapinya. Varian rasa lokal lain yang tak kalah unik adalah gelato es teler. “Idenya muncul ketika kami mengikuti kompetisi gelato pada 2017.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI