Bagaimana perusahaan besar sukses berinovasi?

Majalah SHIFT Indonesia - Edisi 05-MMXVIII
17 Desember 2018

Majalah SHIFT Indonesia - Edisi 05-MMXVIII

Perbedaannya bukan terletak pada praktek atau proses yang mereka bangun, tetapi bagaimana mereka berkomitmen kuat terhadap budaya organisasi.

SHIFT Indonesia
Setiap organisasi berusaha untuk berinovasi, tetapi sedikit yang berhasil melakukannya secara konsisten dari waktu ke waktu. Itulah mengapa begitu banyak perusahaan yang dominan menurun setelah beberapa saat mencapai puncak. Sebuah studi baru-baru ini memperkirakan 50 persen perusahaan yang mengisi indeks S&P (Standard and Poor’s) 500 saat ini akan tergantikan oleh nama baru dalam sepuluh tahun ke depan. Kesuksesan seharusnya mendorong kesuksesan selanjutnya, tetapi aktualnya sering melahirkan kegagalan.

Namun IBM, Google, dan Amazon berhasil mengubah tren ini. Sementara sebagian besar perusahaan datang dengan membawa satu inovasi besar, ketiga perusahaan ini terus bergerak mengembangkan inovasi terobosan. Bahkan terus mempercepat kemampuan mereka untuk menciptakan produk dan layanan baru yang bernilai tinggi.

Ketiganya adalah organisasi yang sangat berbeda, memiliki banyak variasi baik dalam budaya, produk, praktek dan proses inovasi. Masingmasing berkembang dengan cara berbeda, tetapi mereka berhasil membangun model yang dapat diaplikasikan berulang untuk terus mengulang kesuksesan. Dari sinilah kita bisa menemukan prinsip-prinsip umum inovasi.

Lebih dari Satu Abad BerInovasi Setiap generasi bisa melihat bagaimana IBM goyah. Ini terlihat ketika revolusi minikomputer terjadi pada tahun 1980-an, tersingkir dan kalah performa dari perusahaan lain seperti Microsoft, Intel, dan Sun Microsystem di tahun 90-an, dan baru-baru ini teknologi cloud juga turut mengganggu IBM. Setiap bersinggungan dengan masalah, setiap kali itu juga pakar menyatakan perusahaan ini akan segera punah.

Majalah SHIFT Indonesia dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI