CEO Danin: Tahun 2019 adalah milestone yang penting bagi kami

Majalah SHIFT Indonesia - Edisi 05-MMXVIII
17 Desember 2018

Majalah SHIFT Indonesia - Edisi 05-MMXVIII

Budiardjo Rustanto adalah aktor utama di balik pertumbuhan Danain, perusahaan teknologi finansial Peer to Peer (P2P) lending beragunan pertama di Indonesia.

SHIFT Indonesia
Budi menempati posisi CEO Danain sejak November 2017 lalu. Sebelumnya, dirinya juga dipercaya menjadi direktur di Serba Mulia Group, induk perusahaan yang dipimpinnya saat ini. Keahlian dan pengalamannya bekerja di industri finansial tidak bisa dipandang sebelah mata, terbukti dalam 3 bulan pertama setelah perusahaannya resmi beroperasi, Budi berhasil menggaet 4.000 lender aktif dan membukukan transaksi peer to peer lending hingga 50 miliar kepada masyakarakat di seluruh Indonesia.

Bagaimana Budi melihat peta persaingan bisnis teknologi finansial (fintech) di Indonesia? Simak hasil wawancara SHIFT Indonesia bersama Budi beberapa waktu lalu di Jakarta. Budi menilai bahwa ke depannya teknologi finansial akan menjawab kebutuhan jaman. Meskipun masih di early stage, industri ini memiliki potensi ekonomi yang cukup besar.

Terlebih OJK yang berperan sebagai regulator dinilai sangat suportif dalam mendukung pertumbuhan bisnis ini. Hanya saja bisnis ini mengalami sedikit masalah karena adanya perspektif buruk di pemberitaan. “Berita-berita mengenai fintech ini sangat banyak yang negatif, banyak pemain-pemain yang sengaja tidak mau mendaftarkan diri di OJK. Dan itu jumlahnya lebih banyak daripada yang terdaftar di OJK. Nah, ini tantangannya, jadi fintech ini industri yang baru berkembang tapi sudah dapat nilai yang cukup jelek karena banyaknya pemberitaan mengenai fintech illegal,” kata Budi.

Sebagai informasi, hingga Oktober 2018 jumlah penyelenggara fintech yang terdaftar di OJK hanya 73 entitas, sementara yang illegal menembus 407 entitas. Kendati demikian, Budi meyakini bahwa tantangan ini tidak akan menghalangi pertumbuhan industri fintech sendiri. Pasalnya, peluang besar industri ini akan searah dengan perkembangan ekonomi digital secara keseluruhan, termasuk di Indonesia.

Majalah SHIFT Indonesia dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI