9 proyek perbaikan terunggul di OPEXCON project competition 2018

Majalah SHIFT Indonesia - Edisi 05-MMXVIII
17 Desember 2018

Majalah SHIFT Indonesia - Edisi 05-MMXVIII

Perbaikan proses yang berkelanjutan sangat dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi. Hal ini merupakan kunci bagi perusahaan untuk bisa sustain dan bersaing di pasar global.

SHIFT Indonesia
Kondisi bisnis dan industri terus bergerak dinamis didukung perkembangan teknologi yang kian maju. Berkaca dari industri ritel, kita bisa melihat bagaimana teknologi berhasil mendisrupsi para pemain mapan di industri ini akibat kemajuan teknologi. Kita bisa melihat bagaimana perusahaan teknologi hadir membawa pengalaman baru (seperti Amazon) berhasil mengeruk pasar yang sebelumnya dikuasai oleh pemain-pemain konvensional yang mengandalkan toko fisik dan lambat melihat peluang digital. Singkatnya, tidak ada toleransi, era ini hanya menyisakan ruang untuk mereka yang bergerak lincah dengan proses yang ramping.

Tidak bisa dipungkiri, kualitas proses akan menjadi urat nadi penentu masa depan sebuah bisnis. Proses yang berkualitas, efisien dan efektif adalah kunci bagi perusahaan untuk menghasilkan produk dan layanan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan di Indonesia terus berupaya melakukan perbaikan proses bisnis (continuous improvement), yaitu dengan menganalisa peluang perbaikan di setiap proses. Dalam praktiknya ada berbagai metode yang digunakan untuk menjalankan continuous improvement, mulai dari Lean, Kaizen, Agile atau bisa juga mengkombinasikan beberapa metode sekaligus untuk memfasilitasi program perbaikan tersebut.

Upaya perbaikan ini pun dijalankan marathon sebagai stratregi transformasi. Tidak jarang perusahaan menggunakan transformasi sebagai istilah promosi untuk menarik semangat orang-orang di perusahaan untuk menjadi lebih baik. Baik itu transformasi lean, transfomasi budaya, transformasi organisasi, selalu menjadi harapan baru bagi organisai untuk mewujudkan tujuan, sebuah hasil yang sangat dinantikan sebelumnya.

Majalah SHIFT Indonesia dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI