Susno Duadji, ingin lebih dekat dengan petani

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3739
19 Februari 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3739

Susno Duadji. / Foto : dok.sinar tani

Sinar Tani
Siapa yang tidak mengenal Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Susno Duadji?. Pejabat Kepolisi­an nan berwibawa di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut kini merasa ingin selalu dekat dengan petani di tanah kelahirannya.

Nama Susno Duadji di tahun 2011 silam sempat men­cuat seiring per­nyataannya saat menyinggung persaingan antara KPK dan Polri, ketika itu Susno menganalogi­kan persaingan seperti Cicak vs Buaya.

Lama tak terdengar kabarnya, Susno ternyata kini memilih kembali kepada jalan sunyi yaitu menggeluti dunia pertanian di tanah kelahirannya yang jauh dari hiruk pikuk kota. Bahkan berbaur dengan masyarakat dan begitu menikmati perannya sebagai masyarakat kebanyakan bukan lagi sebagai pejabat negara.

Berikut ini petikan wawancara wartawan Tabloid Sinar Tani, Gesha Yuliani dengan Komjen (Purn) Susno Duadji melalui sambungan email beberapa waktu silam. Bagaimana kabarnya Pak Susno Duadji? Katanya sekarang sedang sibuk menikmati hidup sebagai masyarakat biasa?

Alhamdulilah baik, Iya, Saya sekarang sudah istirahat, sudah jadi rakyat jelata. Sekarang sejak purna tugas saya lebih banyak di kampung halaman. Kembali bertani dan berbaur dengan petani lainnya disana. Saya kerjakan lahan sawah, kebun bahkan kolam peninggalan orangtua.

Luasannya memang tidak seberapa, tetapi saya kerjakan semua­nya sendiri. Ada lahan padi, begitu panen bisa dapat beras. Ada kolam ikan, bisa panen ikan. Kebun buah-buahan juga ada meskipun sedikit. Jadi lumayan lengkap dan bisa dipenuhi sendiri.

Lelah memang, tetapi saya belajar lagi bagaimana jadi petani. Kesulitannya mereka saat musim hujan tak menentu, sulitnya dapat pupuk subsidi, sulitnya dapat benih bermutu, sulitnya nyangkul sendiri, Eh, pas panen harganya tidak sebanding dengan ongkos pro­duksi seperti ongkos garap, pupuk, pestisida dan benih. Tapi saya menikmati itu semua.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI