Daerah mulai tertarik garap usaha pembibitan sapi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3740
25 Februari 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3740

Pimpinan daerah yang wilayahnya potensial sebagai lumbung ternak sapi potong mulai ada yang tertarik untuk serius menggarap bidang usaha pembibitan ternak. / Foto : Dok sinta

Sinar Tani
Pimpinan daerah yang wilayahnya potensial sebagai lumbung ternak sapi potong mulai ada yang tertarik untuk serius menggarap bidang usaha pembibitan ternak. Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan bahkan sudah mendirikan UPTD Pembibitan Sapi Potong.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pem­bibitan Sapi Potong Bukit Simbolong yang didirikan Pemkab Lutra tersebut kantor dan farmnya berlokasi di Desa Sumillin, Kecamatan Masamba.

”Saya sangat mendukung langkah yang dilakukan Bupati Luwu Utara ini karena bisa men­dorong loncatan populasi sapi seperti yang kita harapkan dan tentunya juga mendukung sukses­nya program Upsus Siwab,” kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan, I Ketut Diarmita, pada acara peletakan batu pertama pembangunan kantor UPTD Bukit Simbolong, di Desa Sumillin, belum lama ber­selang.

Didampingi Bupati Lutra, Indah Putri Indrianti dan Kadis PKH Kabupaten Lutra, Adriyani Ismail, Dirjen PKH pada kesem­patan itu mengatakan, salah satu bentuk dukungan yang pihaknya berikan atas terbangunnya UPTD Bukit Simbolong adalah pengadaan 400 ekor indukan sapi yang diharapkan jumlahnya cepat bisa menjadi 500 ekor bahkan lebih banyak lagi.

Usaha pembibitan sapi, menurut Dirjen sangat banyak tantangannya. Karena sapi yang dikembangkan adalah jenis Brahman Cross maka tentu pakan yang diberikan harus berkualitas dan teknis pemeliharaannya pun harus sesuai anjuran dinas terkait.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI