Pelatihan petani dan penyedia alsintan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3740
28 Februari 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3740

Penyedia alat dan mesin pertanian (alsintan) terus giat memberikan pelatihan kepada petani penerima bantuan alsintan.

Sinar Tani
Setelah sukses menggelar pelatihan cara mengoperasikan rice trans planter kepada sejumlah petani pada tahun 2017 lalu, Gapoktan Rukun Santoso pada Februari 2018 kembali melakukan pelatihan cara mengoperasikan alsintan kepada sejumlah petani di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim).

Kali ini Gapoktan Rukun Santoso menggelar pelatihan cara mengoperasikan alsintan bersinergi dengan Kubota, salah satu penyedia alsintan. “Petani nanti bisa langsung praktek menggunakan alat berat yang canggih. Kami akan memberi pelatihan langsung ke lapangan cara olah tanah menggunakan traktor roda empat,” kata Ketua Gapoktan Rukun Santoso, Sunardi, di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Sunardi, selain belajar langsung mengoperasikan traktor roda empat, petani Kecamatan Kalibaru juga bisa belajar cara tanam dengan rice transplanter dan cara memanen padi dengan combine harvester. Kalau sebelumnya petani biasa mengolah tanah dengan traktor roda dua, nantinya bisa meman faatkan traktor roda empat.

“Petani juga bisa merasakan sensasi panen dengan combine harvester yang kapasitasnya besar,” jelas Sunardi. Penyedia alsintan (Kubota), menurut Sunardi, saat ini sudah menyiapkan perlengkapan yang digunakan untuk pelatihan ke petani. Dibantu dinas terkait pihak Kubota juga menyiapkan petugas khusus untuk melatih petani mengoperasikan alsintan.

Menurut Sunardi, sejumlah petani yang tergabung dalam Gapoktan Rukun Santoso sudah mengenal cara penggunaan alsintan, khususnya traktor roda dua. Petani Kecamatan Kalibaru memang ditantang untuk mengoperasikan traktor roda empat yang selama ini hanya bisa dilihat saja. “Kami perkirakan akan banyak sensasi yang ditemui petani dalam pelatihan ini,” ujarnya.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI