Menyiapkan bantuan benih untuk pokdakan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3741
5 Maret 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3741

Benih ikan. / Foto : Dok.KKP

Sinar Tani
Benih ikan berkualitas merupakan sarana produksi penting untuk menunjang usaha budidaya perikanan. Karena itu, Direktorat Perbenihan Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2018 fokus mengembangkan aneka jenis benih ikan yang di antaranya akan didistribusikan ke kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan).

okdakan yang akan mendapat bantuan benih ikan dalam hal ini dipilih yang telah berbadan hukum. Upaya penyaluran bantuan benih tersebut diharapkan bisa mendorong pencapaian target produksi ikan pada tahun 2018 sebanyak 24,08 juta ton. Benih ikan tersebut akan disiapkan di unit pelaksana teknis (UPT), unit pelaksana teknis daerah (UPTD) hingga unit-unit pembenihan rakyat (UPR) sesuai kebutuhan masyarakat.

Direktur Perbenihan Ditjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Coco Kokarkin Soetrisno mengatakan, untuk mendukung produksi perikanan 2018, pihaknya akan mendorong UPT (balai perikanan) melakukan grading (klasifikasi) ke sejumlah UPTD yang siap untuk diberi indukan dan UPTD mana saja yang hanya bisa melakukan pembenihan (penggelondongan,red).

“Jadi strateginya kami akan mengidentifikasi mitra (UPTD) sesuai dengan klasifikasinya. Hal ini kami lakukan untuk meringankan beban tugas setiap UPT,” jelas Coco Kokarkin, di Jakarta, belum lama ini. Menurut Coco Kokarkin, setiap UPT (pusat) wajib mem­buat jejaring pengawasan dan pengawalan dengan UPTD setempat dan penyuluh perikan­an.

Ini karena UPT tak punya kepanjangan tangan untuk me­lakukan pengawasan dan peng­awalan kepada Pokdakan penerima bantuan benih ikan. “Jadi nantinya ada bantuan pengawasan dan pengawalan dari Badan Litbang KP dan penyuluh perikanan,” ujar Coco Kokarkin.
Untuk memudahkan pengembangan benih ikan UPT bisa memberi bantuan UPTD dan UPR berupa induk ikan.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI