Tisri Budayanti, sosok di balik suksesnya diklat pertanian Aceh

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3749
1 Mei 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3749

Tisri Budayant. / Foto : dok Sinar Tani

Sinar Tani
Balai Pendidikan dan Latihan Pertanian Aceh yang berlokasi di kawasan Saree, Aceh Besar, merupakan satu-satunya balai diklat pertanian yang ada di provinsi Aceh. Jadi tak mengherankan jika balai diklat ini menjadi tumpuan penyuluh pertanian dari seluruh Bumi Serambi Mekkah ini.

Diklat yang berdiri le­bih dari 30 tahun ini, awalnya bernama Balai Latihan Penyuluh Pertanian (BLPP). Pasalnya, balai diklat ini memang fokus untuk pelatihan bagi penyuluh pertanian. Namun setelah berubah menjadi Balai Diklat Pertanian, lembaga diklat juga menyelenggarakan berbagai diklat bagi petani.

Setiap tahunnya, balai diklat ini menyelenggarakan tidak kurang dari 50 angkatan, yang tiap angkatan diikuti 30 peserta dari seluruh kabupaten/kota dalam wilayah Aceh. Belum lagi diklat yang bekerjasama dengan Balai Pelatihan Pertanian Jambi dan Pusat Pelatihan Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia Per­tanian (PPMKP) Ciawi.

Untuk menyelenggarakan diklat dengan jadwal yang cukup padat tersebut, tentu perlu mana­jemen dan pengaturan skedul yang baik. Untuk melakukan semua itu, tentu dibutuhkan tenaga-tenaga skill yang siap bekerja all time dengan sinergi antar individu yang baik. Untuk mengkoordinir semua tahapan diklat, tentunya dibutuh­kan seorang manajer yang mampu mengatur semua kegiatan mulai dari persiapan, pelaksanaan sam­pai dengan pelaporan dan evaluasinya.

Beruntung Balai Diklat Pertanian Aceh memiliki se­orang perempuan tangguh yang siap bekerja all out untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan. Sosok perempuan pekerja keras ini, tidak lain adalah Tisri Budayanti, yang sehari-hari men­jabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha. Sebagai kepala bagian tata usaha, tugas Tisri tidaklah ringan, seluruh urusan ‘rumah tangga’ balai men­jadi tanggung jawabnya.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI