Menanti hadirnya mobil servis alsintan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3751
14 Mei 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3751

Gapoktan atau Poktan yang sudah membentuk Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) idealnya bisa memanfaatkan layanan purna jual berupa mobil servis keliling yang disediakan produsen/distributor alsintan. / Foto : dok. Sinar Tani

Sinar Tani
Gapoktan atau Poktan yang sudah membentuk Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) idealnya bisa meman­faatkan layanan purna jual berupa mobil servis keliling yang disediakan produsen/distributor alsintan. Mobil servis alsintan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan petani penerima alsintan di daerah remote (daerah sulit terjangkau).

Direktur Alsintan Dit­jen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Bustanul Arifin mengatakan, sesuai ketentuan pemerintah penye­dia alsintan wajib melaku­kan pelatihan ke petani (operator) dan wajib menyiapkan layanan purna jual terhadap alsintan yang sudah diberikan ke petani dari pemerintah.

“Embrio mobil servis alsintan itu memang sudah ada dan beberapa penyedia alsintan pun sudah menyiapkannya untuk layan­an purna jual,” ujar Bustanul Arifin, di Jakarta, beberapa waktu lalu. Mobil servis alsintan, me­nurut Bustanul, sangat ideal diman­faatkan petani penerima alsintan di daerah remote.

Sebab, petani di daerah-daerah remote tak perlu jauh-jauh ke daerah lain atau ke kabupaten/kota apabila ada alsintannya rusak. Konsep mobil servis alsintan ini akan “jemput bola”, atau keliling dari desa ke desa untuk memberi pelayanan kalau ada alsintan petani yang rusak. Mobil servis alsintan juga melayani ganti oli dan servis alsintan secara berkala.

“Penyedia alsintan berkewajib­an menyediakan mobil servis alsintan. Sebab, mobil servis alsintan ini sebagai bentuk layan­an purna jual mereka,” kata Bustanul Arifin. Mobil servis alsintan siap men­jelajah sampai ke desa-desa.

Nah, UPJA yang mengelola alsintan ketika mau ganti oli traktor atau rice transplanter-nya tak perlu jauh-jauh ke kota. “Mobile servis alisntan sangat penting keberadaannya, untuk melakukan perawatan rutin alsintan yang sudah diberikan ke Gapoktan/Poktan, atau UPJA,” ujar Bustanul.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI