Agar daun pepaya tak terasa pahit

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3757
2 Juli 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3757

Sebagai bahan pangan kaya serat, daun pepaya cukup populer di kalangan pecinta sayuran. / Foto : dok. Sinar Tani

Sinar Tani
Sebagai bahan pangan kaya serat, daun pepaya cukup populer di kalangan pecinta sayuran. Hijauan yang satu ini kerap dikonsumsi sebagai lalapan serta pelengkap menu nasi pecel. Bukan hanya itu, daun pepaya juga sering dimanfaatkan untuk melunakkan daging yang keras.

Daun pepaya mengandung beragam vitamin (A, B1, dan C), kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium dan air. Zat yang paling utama terkandung di dalam daun pepaya adalah zat papain. Zat inilah yang menyebabkan rasa daun pepaya sangat pahit.

Memang ada beberapa orang yang tidak masalah dengan rasa pahit daun pepaya, tetapi sebagian orang sebaliknya. Karena itu banyak kaum ibu rumah tangga yang melakukan upaya sedemikian rupa untuk setidaknya bisa mengurangi rasa pahit dari daun pepaya.

Sesungguhnya ada beberapa cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya adalah garam, daun jambu biji, daun singkong, asam jawa dan tanah lempung.

Tanah Liat. Cara pertama, remas-remas daun pepaya yang telah dicuci bersih dengan garam. Garam yang digunakan adalah garam kasar karena mampu menghilangkan getahnya. Daun singkong diremas-remas menggunakan garam kasar sampai layu. Lalu diamkan selama 10-15 menit, bilas sampai bersih.

Cara kedua, rebus dengan daun jambu biji atau daun singkong asam jawa. Rebus daun pepaya bersama dengan daun jambu biji atau daun singkong atau asam jawa. Rebus sampai daunnya layu, lalu setelah itu tiriskan. Pisahkan daun pepaya dengan daun jambu biji, daun singkong atau asam jawa. Kalau masih pahit, bisa direbus ulang.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI