Pasar terbuka, petani B bergairah tanam jagung

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3758
10 Juli 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3758

Pemerintah terus mendorong peningkatan produksi jagung. Bahkan targetnya bukan hanya untuk mengisi pasar dalam negeri, tapi juga ekspor.

Sinar Tani
Berbagai upaya pun dilakukan. Salah satunya memperluas areal tanam dengan menumbuhkan sentra produksi jagung baru. Dari banyak wilayah di Nusantara sasaran pemerintah adalan Pulau Borneo, Kalimantan. Dari beberapa provinsi di Kalimantan, Provinsi Kalimantan Tengah menjadi salah satu yang kini giat mengembangkan tanaman jagung. Apalagi komoditas tersebut bisa menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bahkan Pemda Barito Utara, Kalimantan Tengah menargetkan tahun 2020 mendatang bisa menjadi sentra atau lumbung jagung di Kalimantan Tengah. Jagung bisa menjadi komoditas unggulan di Barito Utara, lantaraan permintaan pasar cukup tinggi dan harganya saat ini berkisar Rp 2,5-3 juta/ton. “Apalagi, luas lahan yang tersedia di Barito Utara masih relatif terbuka,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi saat menerima kunjungan tim Upsus BPTP Kalteng dalam rangka optimalisasi Luas Tambah Tanam (LTT).

Dari Karet ke Jagung. Menurutnya, harga jual jagung yang cukup tinggi ditingkat petani Rp 3.000-3.200/kg juga mendorong masyarakat berani melakukan alih fungsi lahan perkebunan karet untuk ditanami jagung. Alasannya, selain saat ini harga komoditas karet terus menurun, pasar jagung juga kian terbuka. “Ini membuat masyarakat sangat bergairah untuk membuka lahan dengan tanaman jagung,” ujarnya.

Kabupaten Barito Utara saat ini tercatat sebagai daerah pemasok jagung terbesar di Kalteng dan Kalsel, khususnya untuk kebutuhan bahan baku pakan ternak di PT Comfeed di Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Saat mengunjungi salah satu sentra pengembangan jagung di Desa Rimba Sari, Kecamatan Teweh Tengah Tim Upsus BPTP Kalteng menyaksikan begitu luas hamparan lahan yang telah dibuka masyarakat untuk tanam jagung.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI