Lagi, Mentan lantik pejabat Eselon 2

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3758
10 Juli 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3758

Percepatan pembangunan pertanian tentunya membutuhkan sosok pemimpin (leader) dan bagi direktorat teknis, keberadaan eselon II tentunya tidak boleh ditinggalkan.

Sinar Tani
Adalah Rahmanto yang mengisi Direktur Irigasi Pertanian dan Indah Megahwati yang mengisi Direktur Perluasan Lahan yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian 474/Kpts/KP.230/2018 tertanggal 2 Juli 2018. Keduanya dilantik bersama Mohammad Takdir Mulyadi (Direktur Perbenihan Tanaman Pangan), Bambang Sugiharto (Direktur Serealia) dan Ali Jamil (Direktur Aneka Kacang dan Umbi).

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat memberikan sambutan pelantikan pun meminta agar Eselon I mendorong Eselon III yang rajin bekerja untuk mendaftar. “Saya minta agar eselon I mewajibkan eselon III untuk ikut lelang jabatan guna mengisi eselon II. Jangan sampai kosong lama seperti ini,” katanya.

Amran mengaku prihatin dengan kekosongan jabatan yang terjadi di lingkungan Kementerian Pertanian. Kekosongan tersebut dikhawatirkan bisa menghambat pembangunan pertanian yang tengah dilakukan saat ini. “Saat kami ke Kalimantan Selatan untuk menyulap rawa menjadi lahan pertanian, ternyata ada sedikit bermasalah. Kami cari direkturnya sudah banyak kosong,” ujarnya.

Untuk itu Amran menugaskan Sekretaris Jenderal Kementan, Syukur Iwantoro untuk segera melakukan mengumumkan lelang setidaknya 6 bulan sampai 1 tahun saat pejabat tersebut akan pensiun. “Kita berikan ruang sebesar-besarnya untuk orang dalam sini. Ada yang sudah gagal sampai berkali-kali. Jangan patah semangat,” tegasnya.

Kepada yang baru dilantik, Amran Sulaiman meminta untuk segera langsung turun ke lapangan dengan beberapa tugas yang sudah menanti. Mulai dari percepatan realisasi pemanfaatan lahan rawa 1 juta ha, peningkatan pembangunan sumber air (embung, dam parit, long storage dan lainlain) untuk lahan tadah hujan 4 juta ha, penguatan perbenihan tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI