Aneka manfaat kayu secang

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3760
23 Juli 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3760

Jangan anggap remeh tanaman Secang. Jika telah diolah menjadi minuman segar, tanaman ini bisa berkhasiat mengatasi penyakit asam urat dan darah tinggi. / Foto : dok Sinar Tani

Sinar Tani
Jangan anggap remeh tanaman Secang. Jika telah diolah menjadi minuman segar, tanaman ini bisa berkhasiat mengatasi penyakit asam urat dan darah tinggi. Minuman sehat yang sekaligus menghangatkan tubuh itu, sangat pas bila diminum malam hari atau ditempat-tempat yang dingin.

“Tapi jangan salah cara meng­olah tanaman-tanaman obat itu,” kata peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Sofiana Bagem Sembiring kepada tabloidsinartani.com. Pasalnya, kalau salah mulai dari pasca panen dan pengolahan, khasiat obat yang terkandung di dalamnya bisa hilang.

Ana (panggilan akrab Sofiana) menuturkan, kayu secang mengandung pigmen, tanin, asam galat, brasilin, saponin, senyawa terpenoid, fenil propana, alkaloid, steroid, senyawa fenolik (flavonoid). Batang dan daun mengandung alkaloid, tanin, fitosterol dan zat warna brazilin. Sedangkan minyak atsirinya terdiri dari osimen, d-felandren, protosappanin A, sappan kalkon.

”Tanaman ini berkhasiat sebagai peluruh air kemih, melarutkan batu saluran kemih, menurunkan tekanan darah tinggi, peluruh batu empedu, wasir, asam urat, radang usus buntu, luka bakar dan memar,” ujar Ana.

Kayu secang juga memiliki khasiat sebagai pengelat (astringensia). Kandungan utamanya adalah brazilin, yakni zat warna merah-sappan, asam tanat, dan asam galat. Simplisia kayu secang berupa irisan atau keping-keping kecil kayu ini dikenal sebagai Sappan lignum dalam sediaan FMSo (Formularium Medicamentorum Soloensis).

Brazilin dari kayu secang teruji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypo­glycemic (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat).Ekstrak kayu secang juga ditengarai berkhasiat anti-tumor, anti-virus, immuno­stimulant dan lain-lain.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI