Andry Sucipto, konsisten terapkan biosekuriti berbuah Award

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3760
23 Juli 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3760

Di ajang pameran akbar bidang peternakan Indolivestock 2018 ada lima perusahaan peternakan ayam nasional yang ditetapkan sebagai penerima award karena dinilai konsisten menerapkan praktek biosekuriti di lingkungan peternakannya. Salah satu sosok yang tampil menerima award adalah Andry Sucipto / Foto : dok. Sinar Tani

Sinar Tani
Di ajang pameran akbar bidang peternakan Indolivestock 2018 ada lima perusahaan peternakan ayam nasional yang ditetapkan sebagai penerima award karena dinilai konsisten menerapkan praktek biosekuriti di lingkungan peternakannya. Salah satu sosok yang tampil menerima award adalah Andry Sucipto.

Mewakili perusahaan yang dipimpinnya PT Tunas Muda Sakti, raut wajah Andry Sucipto tampak sumringah ketika menerima piagam penghargaan Nastiti Budidaya Satwa Nugraha langsung dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita di sela acara pembukaan Indolivestock 2018 belum lama berselang.

Betapa tidak, kerja keras jajarannya dalam mengelola usaha peternakan broiler yang berlokasi di Kabupaten Serang, Provinsi Banten itu ternyata berbuah manis dengan berhasil diraihnya Indonesian Poultry Biosecurity Award 2018. Ajang pemberian award sendiri diselenggarakan Yayasan Pengembangan Peternak­an Indonesia (YAPPI).

Andry Sucipto yang juga Direktur PT Tunas Muda Sakti mengemukakan, dengan adanya larangan penggunaan antibiotic growth promoter (AGP) sebagai imbuhan pakan unggas, pengetatan biosekuriti menjadi solusi untuk dapat meminimalisasi kejadian penyakit pada ternak ayam.

“Kami aplikasikan biosekuriti di lingkungan peternakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang direkomendasikan pemerintah. Di antaranya, memperketat lalu-lintas keluar masuk orang dari dan ke sekitar kandang ayam,” kata Andry Sucipto menjawab Sinar Tani.

Agar kandang ayam tetap steril, petugas yang akan masuk ke kandang ayam harus menyelupkan sepatunya dengan desinfektan yang telah disiapkan di depan pintu masuk kandang. Penggunaan desinfektan bertujuan untuk mengantisipasi serangan bibit penyakit yang berasal dari luar.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI