Kenali penyakit pada bunga mawar

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3765
4 September 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3765

Bunga mawar / Foto : dok Sinar Tani

Sinar Tani
Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Bagi pencinta tanaman hiasnya, perlu mengetahui cara pengendalian hama tanaman mawar. Karena itu mengenal jenis organisme pengganggu tanaman yang menyerang, gejala, cara penyebaran dan faktor-faktor perkembangan organisme pengganggu tanaman.

Penyakit utama pada tanaman mawar antara lain Pertama Bercak Hitam (Marssonina rosae Lib.) Gejala serangan antara lain pada daun terdapat bercak hitam pekat yang tepinya bergerigi.

Bercak terdapat pada sisi atas dan bawah daun dengan ukuran bercak mencapai 1 cm, bercak dapat bersatu yang membentuk bercak besar, kadang-kadang daun menguning sebelum gugur, bercak kadang-kadang terdapat pada batang, tangkai daun, daun penumpu (stipula), dasar bunga, kelopak, dan tajuk bunga.

Kedua terdapat penyakit Embun Tepung (Oidium sp.) gejala serangan yaitu permukaan daun tertutup lapisan putih. Tepung ini merupakan massa dari konodia cendawan. Pada serangan berat menyebabkan daun pucat dan mengering.

Ketiga terdapat penyakit mawar Botrytis (Botrytis cenerea Pers.). Gejala serangan adalah timbul pada bunga (kuncup/ mekar). Mahkota bunga membusuk dan berwarna cokelat, daun mahkota yang membusuk saling berlekatan sehingga bunga berbentuk bulat, pada bagian yang membusuk terdapat bintik-bintik hitam yang terdiri atas sklerotium cendawan, bunga yang terinfeksi mudah lepas dari tangkainya.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI