Rampung dilaksanakan, audit populasi ayam ras GPS broiler

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3765
4 September 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3765

Seminar Ayam Ras / Foto : dok Sinar Tani

Sinar Tani
Pemerintah baru saja merampungkan kegiatan audit terhadap 14 perusahaan pembibitan ayam ras di tanah air. Dari hasil audit tersebut diperoleh angka populasi ayam indukan Grand Parent Stock pedaging (GPS broiler) teraktual yang keakuratannya cukup tinggi.

“Audit GPS broiler dilaksanakan oleh tim independen beranggotakan kalangan akademisi dan praktisi, karenanya data yang dihasilkan paling valid,” tegas Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita dalam jumpa pers di kantornya, belum lama berselang.

Kegiatan audit ke perusahaan pembibitan GPS, menurut Dirjen PKH, baru pertama kali ini dilaksanakan oleh pemerintah. Berlangsung sejak 18 Mei hingga 20 Juli 2018, dari hasil audit didapatkan informasi akurat dan terkini menyangkut besaran jumlah populasi GPS ayam ras broiler di dalam negeri.

Rinciannya adalah jumlah total D Line ayam ras GPS Broiler sebanyak 799.158 ekor, total C Line ayam ras GPS broiler sebanyak 111.984 ekor, D Line umur 1-24 minggu sebanyak 316.217 ekor, D Line umur 25 minggu-afkir sebanyak 482.941 ekor, C Line umur 1-24 minggu sebanyak 55.792 ekor dan C Line umur 25 minggu-afkir sebanyak 56.192 ekor.

“Didukung data hasil audit tersebut saya tegaskan bahwa produksi daging ayam saat ini aman bahkan sudah surplus,” kata I Ketut Diarmita, yang pada kesempatan itu didampingi Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Sugiono dan Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa.

Berdasarkan hitungan potensi produksi dan kebutuhan diper­kirakan ada kelebihan pasokan daging ayam sebanyak 331.035 ton dengan rataan per bulan sebanyak 27.586 ton untuk tahun 2018. Dan faktanya pada tahun ini daging ayam Indonesia telah diekspor ke negara Jepang, Myanmar, Timor Leste dan Papua Nugini.

Tabloid Sinar Tani dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI