Tampilkan di aplikasi

Sistem zonasi untuk pemenuhan kebutuhan benih

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3773
6 November 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3773

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menerapkan sistem zonasi sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan benih tanaman pangan di dalam negeri.

Sinar Tani
Petani membutuhkan benih tepat waktu, tepat jumlah dan tepat varietas. Menurut Direk tur Perbenihan Tanaman Pangan Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Mohammad Takdir Mulyadi pemenuhan kebutuhan benih petani bukan hal yang sulit dengan menerapkan sistem zonasi.

Manakala masing-masing daerah mampu mengidentifikasi berapa kebutuhan benihnya, varietas apa yang dibutuhkan dan menerapkan sistem zonasi maka pemenuhan kebutuhan benih di daerah akan terselesaikan.

“Hal yang berkaitan dengan keluhan benih tidak tepat waktu, benih tidak tepat jumlah, benih tidak cocok varietas, itu dapat diatasi. Para penyedia benih juga sudah menyatakan kesiapannya,” tutur Takdir.

Untuk saat ini mekanisme yang dilakukan berkaitan dengan penyiapan benih adalah pe merintah melakukan pemberdayaan penangkar-penangkar di daerah. Pemerintah juga menyiap kan benih sumbernya melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Induk (BBI).

“Jika di daerah tersebut tidak tersedia varietas tertentu yang dibutuhkan dan jumlahnya sangat banyak, kami mencarikan dari penyedia-penyedia yang tersebar di beberapa sentra produksi benih terutama di Jawa. Melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah yaitu E-Catalog,” tambahnya.

Ia berharap masing-masing daerah dapat memenuhi benihnya sendiri dari penangkar-penangkar atau penyedia benih di daerah itu sendiri Pemerintah memperhatikan unit-unit daerah yang menjadi mitra seperti BBI dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) yang mengawal sertifikasi dan peredaran benih-benih berkualitas dan bersertifikat.

“Pada 2018 untuk padi sekitar 2,7 juta ha program dialokasikan melalui Kementerian Pertanian. Sampai saat ini pemenuhan kebutuhan di masing-masing provinsi itu dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI