Tampilkan di aplikasi

Panen jutaan sapi di era Upsus SIWAB

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3776
26 November 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3776

Upsus SIWAB yang dilaksanakan pemerintah sejak tahun 2017 telah mendatangkan hasil memuaskan.

Sinar Tani
Tak kurang Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, secara terbuka menyatakan rasa bahagianya atas segala capaian yang bisa diraih dari pelaksanaan program Upsus Siwab. Pihaknya yakin dengan kerja keras segenap pemangku kepentingan, apaapa yang ditargetkan akan bisa dicapai.

“Dari Jawa Timur saja dalam waktu satu tahun sudah lahir 1,3 juta ekor pedet. Kalau ada lima provinsi lagi yang performanya seperti Jawa Timur, tidak perlu lagi kita diskusi soal kecukupan daging sapi dalam negeri,” kata Menteri Amran ketika menghadiri kegiatan Kontes Ternak dan Panen Pedet, di Sidoarjo, akhir Oktober lalu.

Kelahiran lebih dari dua juta pedet secara serentak, menurut Mentan merupakan satu prestasi tersendiri dan membuktikan bahwa program Upsus Siwab telah mampu menjawab keinginan pemerintah untuk bisa memacu lebih cepat peningkatan populasi sapi di tanah air. Tak hanya percepatan peningkatan populasi sapi, kenyataannya lewat kegiatan Upsus Siwab telah dihasilkan pedet dengan kualitas jauh lebih baik.

Rata-rata bobot badan pedet hasil inseminasi buatan (IB) lebih tinggi sehingga di usia lepas sapih harga jualnya bisa mencapai Rp 8 juta per ekor. Kalau menghitung dari data kelahiran di bulan Oktober yang mencapai lebih dari 2,3 juta ekor maka berarti dengan harga jual Rp 8 juta per ekor nilai ekonomi yang diperoleh dari kegiatan Upsus Siwab sudah sekitar Rp 17 triliun.

“Nilai tambahnya luar biasa besar, padahal anggaran yang kami keluarkan untuk program Upsus Siwab 2017-2018 baru sekitar Rp 1,4 triliun,” tutur Mentan. Lompatan Populasi Di acara media gathering Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), medio November lalu Dirjen PKH Kementan, I Ketut Diarmita, menyampaikan data bahwa dari tahun 2017 hingga tanggal 4 November 2018 sudah lahir sebanyak 2.385.357 ekor pedet dari indukan sapi milik peternak.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI