Tampilkan di aplikasi

Teladan di Negeri Paman Sam

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3786
11 Februari 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3786

Mungkin bagi pelaku usaha pertanian di Indonesia, nama Syarif Syaifulloh belum banyak dikenal. Tapi justru di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, ia mendapat penghargaan Fatherhood Award atau Bapak Teladan dari Maternity Care Coalition.

Sinar Tani
Siapa sebenarnya Syarif Syaifulloh? Lahir 13 Januari 1970, Bapak tiga anak ini adalah salah satu petani organik yang cukup dikenal masyarakat AS. Bersama istrinya, Ummu Hani White, ia bercocok tanam di kebun rumahnya, Philadelphia, Pennsylvania, AS. Sebelum merantau ke Negeri Paman Sam, Syarif adalah seorang seniman dan pelatih teater di Jakarta selama kurang lebih 5 tahun. Baru pada tahun 2001, ia ke AS. Namun, tidak serta merta menjadi petani sukses. Di awal kehidupannya, ia berjuang hidup menjadi pekerjaan kasar seperti kuli bangunan, cleaning service, kuli restoran dan lainnya.

Pada tahun 2009, ia menikah dan mulai mencoba berkebun organik pada tahun 2010. Salah satu alasan Syarif menekuni dunia pertanian adalah karena melihat harga sayuran, khususnya organik cukup mahal. Apalagi halaman sekeliling rumahnya kosong. Lalu muncul idenya memanfaatkan lahan tersebut untuk berkebun yang hanya bermodal internet. “Saya dulu belajar otodidak, tidak punya sama sekali basic di bidang pertanian, apalagi bercocok tanam. Saya belajar lewat youtube dan google,” ujarnya.

Seperti kata pepatah, Pengalaman adalah Guru yang Terbaik. Itulah yang dialami Syarif. Tahun pertama ia menanam sayuran organik, banyak yang gagal panen. Namun semua itu tak menyurutkan semangatnya terus belajar dan mencoba lagi. Baru pada tahun ketiga, ilmu tentang kegiatan bercocok tanam mulai dikuasai dan memberikan hasil yang baik. Awalnya, Syarif memulai berkebun dengan membeli sendiri bahan dan alat-alatnya, seperti benih dan pupuk. Baru saat kebunnya sudah mulai dikenal warga AS, Cargo M Plus M, salah satu organisasi AS secara gratis selalu memberi benih ke Pak Tani, julukan yang diberikan masyarakat AS kepada Syarif.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI