Tampilkan di aplikasi

Durian Pandeglang siap melanglang buana

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3786
11 Februari 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3786

Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan produksi hingga volume ekspor durian.

Sinar Tani
Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan produksi hingga volume ekspor durian. Salah satu upaya yang masif dilakukan yakni mendukung pengembangan budidaya berbagai varietas durian yang di miliki masing-masing daerah, seperti Festival Durian yang kini seringkali diadakan di beberapa tempat. Kali ini giliran Kabupaten Pandeglang yang mengadakan Festival Hortikultura yang menjadikan Durian Pandeglang sebagai primadonanya. Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi mengatakan, durian Pandeglang memiliki peluang yang sangat besar untuk terus ditingkatkan produksi dan volume ekspornya.

“Secara agroklimat durian dapat tumbuh dengan baik dan secara ekonomis sangat menguntungkan, sekaligus berpotensi untuk dijadikan sebagai kawasan wisata agribisnis,” katanya. Festival Hortikultura ini merupakan event yang diselenggara kan Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Diikuti 41 peserta kontestan dengan 52 varietas durian yang dipamerkan meliputi Potret, Ketan LS, Aseupan, DT, Tambaga, Kunir, Dampit, Jurig, Kuning, Ketan MSD, Bolondo, GK, Tapak, Branjangan, Layung, Manalagi, Oreg, Kembar, Denoks, Bong, Roti, Kandel, BOM, Siung, Bedul, Paku, Rampayah, Kertas, Kanyere, Manohara, Muringis, Jaya, Amah, Tengging, Bintang, Rampayak Mentega, Ketan Alkirom, CR, Exel.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menggenjot ekspor, pengembangan durian Pandeglang sangat diperlukan. Kuncinya pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaku usaha harus bersinergi membantu petani,” tutur Suwandi. Suwandi yakin, durian lokal Pandeglang punya peluang ekspor yang cukup besar karena memiliki kualitas yang tak kalah dengan durian yang berasal dari negara lainnya. Buktinya, durian asal Indonesia telah menembus banyak negara seperti pasar Hongkong, China, Malaysia, Vietnam, Singapura, Saudi Arabia hingga Belanda.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI