Tampilkan di aplikasi

Pugar, memugar produksi dan mutu garam rakyat

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3790
13 Maret 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3790

Pugar yang dimulai pada awal Mei 2011 di sejumlah sentra garam rakyat diharapkan bisa mengangkat harga garam petani & menambah produksi garam nasional.

Sinar Tani
Pugar yang dikembangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) sampai saat ini sudah menunjukkan hasil yang meng gembirakan.Tercatat, produksi garam rakyat pada tahun 2018 sebanyak 2.350.768,02 ton dan produksi garam yang dihasilkan oleh PT Garam sebanyak 367.260 ton.

“Sesuai data BPS, total produksi garam sebanyak 2.718.028 ton atau naik 145% dari produksi tahun 2017 yang hanya sebanyak 1.111.395 ton,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) PRL, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, di Jakarta, pekan lalu. Brahmantya juga mengatakan, karena kebutuhan garam meningkat rata-rata 4,3% pertahun diharapkan produksi garam rakyat pun harus bisa ditingkatkan. “Melalui Pugar ini kami berharap tak hanya produksi garam saja yang meningkat, tapi penghasilan petambak garam juga meningkat,” ujarnya.

Menurut Brahmantya, salah satu hal yang menjadi pendorong peningkatan produksi garam rakyat itu selain kondisi cuaca kering sepanjang tahun 2018, serta adanya pengembangan teknologi geo-membran yang diaplikasi sejumlah petambak garam. Diperkirakan, produksi garam rakyat pada tahun 2019 masih di kisaran angka 2,32 juta ton. Produksi garam rakyat ini diperkirakan tak jauh berbeda dengan realisasi produksi tahun 2018 sebanyak 2,35 juta ton.

Kesejahteraan Rakyat Menurut Brahmantya, program Pugar yang dilakukan sejak 8 tahun lalu tak hanya bertujuan meningkatkan produksi dan kualitas garam. Pugar juga bertujuan mensejahterakan petambak garam rakyat melalui prinsip pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan melalui prinsip bottom-up. Dalam melaksankan kegiatan Pugar ini, masyarakat petambak garam secara partisipatif berperan aktif mulai dari tahap perencanaan, pengelolaan lahan dan air laut, pemilihan sarana dan prasarana produksi.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI