Tampilkan di aplikasi

Menuju lumbung pangan dunia, dengan modernisasi pertanian

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3791
18 Maret 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3791

Salah satu langkah menjadikan Lumbung Pangan Dunia adalah dengan modernisasi pertanian.

Sinar Tani
Kementerian Pertanian telah mencanangkan program Lumbung Pangan Dunia 2045. Pada tahun tersebut bangsa Indonesia merayakan seabad Kemerdekaan. Salah satu langkah menjadikan Lumbung Pangan Dunia adalah dengan modernisasi pertanian. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengem bangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Momon Rusmono menyampaikan apa saja langkah yang dilakukan Kementan untuk mewujudkan program Pembangunan Pertanian Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045.

“Untuk mewujudkan lumbung pangan Dunia tahun 2045 ada beberapa pendekatan yang harus kita lakukan salah satunya yaitu dengan pendekatan modernisasi pertanian. Kita akan mengoptimalkan pemanfaatan alat dan mesin pertanian sehingga akan lebih efisien, lebih murah dengan kualitas produk yang lebih baik,” tutur Momon usai acara Temu Teknis Penyuluh, Petani dan Santri Milenial Kabupaten Bekasi, Selasa (12/3).

Adanya bantuan alsintan berikan kepada petani/kelompok tani memang menjadi tanda beralihnya pertanian Indonesia dari tradisional menuju modernisasi. Bahkan sejak tiga tahun terakhir, kini sawah di tanah air dengan mudah terlihat petani menggunakan alsintan, baik saat pengolahan lahan, tanam hingga panen. Dengan alsintan bukan sekadar membantu petani mengatasi makin berkurangnya tenaga kerja pertanian, tapi juga lebih efisien dalam mengerjakan usaha tani. Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy mengakui, pemerintah telah mem berikan bantuan alsintan sekitar 720 ribu unit dengan berbagai jenis. Jumlah itu diperkirakan naik hampir 500% dari sebelumnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI