Tampilkan di aplikasi

Masa depan agribisnis bawang merah di Brebes

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3795
15 April 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3795

Hingga tahun 2000-an, Brebes masih menjadi “rajanya” pasar Bawang merah di semua pasar induk kota besar di Jateng, Jabar, DKI, semua kota Sumatra dan Kalimantan.

Sinar Tani
Bahkan karena bawang merah itu, banyak para orang kaya di Brebes Jawa Tengah memanjakan anaknya dengan harta, tidak perlu sekolah tinggitinggi, asal sudah pintar mengaji, cukuplah. Karena itu pula, sehingga seorang gadis yang tidak mau mengaji diancam oleh ayahnya dengan kalimat.. “kalau kamu tak mau mengaji - akan saya kawinkan dengan pegawai negri lho”.

Karena pada tahun 80-an itu pegawai negeri yang berdinas sampai di desa gajinya hanya sekitar Rp 5.000,-/bulan – sementara petani bawang merah pendapatannya lebih dari Rp 500ribu/bulan. Saat itu orang Brebes kalau membeli mobil “colt station” yang legendaris itu, seperti membeli sebungkus rokok saja – sementara para PNS hanya mampu naik sepeda onthel.

Apakah Bawang merah sekarang masih menjadi “trademark” nya Brebes..?. Tidak. Sekarang budidaya Bawang merah telah menebar kemana-mana, hingga merata keluar Jawa. Itu karena orang Brebes terlalu baik, atau karena tidak memiliki strategi bisnis yang berwawasan kedepan. Di lain pihak, sejak tahun 2.000an, petani bawang di Brebes semakin bertambah-tambah saja, hingga seolah-olah lahan di Bebes semakin berkurang. Karenanya, para petani bawang merah yang besar mulai menjelajah ke arah timur.

Awalnya para juragan bawang Brebes suka jalan-jalan dengan colt-station-nya ke arah Semarang hanya untuk sekedar pengin makan lumpia di Semarang. Bahkan melancong hingga ke Masjid Demak dan Kudus, hanya sekedar ingin makan Soto Kudus yang asli. Diperjalanan mereka melihat hamparan sawah di daerah Weleri – Kendal hingga Kudus yang selalu ditanami padi pada bulan apapun mereka melintasinya. Satu-dua juragan bawang Brebes itu lalu ada yang berhenti di daerah weleri sambil menikmati Soto Semarang sambIl bertanya-tanya tentang kemungkinan menyewa sawah untuk ditanami bawang-merah.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI