Tampilkan di aplikasi

Mentan ajak warga mandiri pangan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3802
12 Juni 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3802

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat berkunjungan ke Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara,

Sinar Tani
“Kabupaten Muna harus menjadi wilayah yang mandiri pangan. Mimpi saya, di sini jangan ada masyarakat yang beli sayur di pasar. Harus dibangun sistem bagaimana protein dan karbohidrat tanam sendiri. Tanam lah sayur. Pelihara lah ayam. Gizi generasi ini harus lebih baik,” ungkap Amran.

Kementerian Pertanian (Kementan), menurut Amran, sudah menyiapkan bantuan benih untuk pengembangan jagung seluas 10.000 ha. Kementan juga akan memfasilitasi pengembangan ayam KUB dan kambing integrasi. “Penuhi kebutuhan pangan, jangan sampai ada sejengkal tanah yang tidak dimanfaatkan.

Jangan sampai ada air mengalir di bumi ini yang tidak termanfaatkan untuk pertanian,” katanya. Amran juga menyoroti permasalahan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan pertanian Indonesia. Dirinya meyakini, Muna bisa berkembang menjadi wilayah maju jika semua elemen masyarakat bergerak bersama-sama.

Dalam kesempatan itu, Menteri Amran juga meminta peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) lebih dioptimalkan lagi. Ini penting mengingat saat ini Indonesia sedang meningkatkan dan mengembangkan sektor pangan yang berkualitas. “Kuncinya hanya satu. Jangan biarkan tubuh kita kena sinar matahari.

Artinya kita harus bangun subuh dan baru pulang ke rumah malam. Datangi 25 kelompok tani setiap hari. Itulah pekerjaan saya selama 15 tahun jadi pegawai. Jadi saya tahu kerja keras yang akan membawa kita sukses,” tuturnya. Jambu Mete Muna Kedatangan Amran kali ini juga untuk meninjau pengembangan komoditi jambu mete sekaligus meninjau kebun mete di Desa Kontunaga Kecamatan Kontunaga, Muna.

Berdasarkan informasi Bupati Muna LM. Rusman Emba, produksi tanaman jambu mete para petani di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara mencapai 3.463 ton per tahun. Produksi tersebut merupakan hasil panen dari kebun jambu mete milik para petani seluas 18.379 ha. Saat ini luas areal kebun jambu mete di Muna mencapai 31.325 hektar, namun yang berproduksi baru seluas 18.379 ha.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI