Tampilkan di aplikasi

IP 300 di lahan rawa, bisa !

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3811
19 Agustus 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3811

Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) kini menjadi andalan pemerintah untuk mengoptimalkan lahan rawa. Dengan potensi yang sangat besar, lahan rawa memang ibarat ‘rekayasa yang tengah tertidur’. Artinya lahan rawa bisa menjadi sumber pangan masa depan.

Sinar Tani
Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, ternyata petani bisa menanam tiga kali atau indeks pertanamannya 300 (IP 300). “Syukur tahun ini kami bisa panen tiga kali (berkat adanya SERASI). Kami sangat berterima kasih dengan adanya program ini di wilayah kami,” kata dua orang petani Desa Kolam Kiri Dalam, Kecamatan Barambai, Hamid dan Purwanto.

SERASI merupakan program optimalisasi lahan rawa seluas 500 ribu ha dan merupakan program andalan Kementerian Pertanian. Saat ini terdapat tiga provinsi yang menjadi wilayah pengembangan yakni Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan.

Provinsi Kalimantan Selatan ditargetkan 120 ribu ha meliputi delapan kabupaten yakni Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Utara. Saat ini tiga kabupaten telah sampai pada aktivitas konstruksi dan mulai penanaman, tepatnya di Banjar, Tanah Laut dan Barito Kuala.

”Program SERASI di Desa Kolam Kiri Dalam mulai Mei 2019 ini telah menyelesaikan normalisasi saluran utama, optimalisasi saluran tersier, membangun pintu air, membangun gorong-gorong dan saluran konektor dengan total luas sawah yang dialiri mencapai 300 ha,” kata Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Sarwo Edhy di Barito Kuala, Kamis (15/8).

Saat diskusi dengan petani, Sarwo Edhy mengharapkan lahan sawah terus ditanam tiga kali dalam setahun. Terlebih dengan dukungan pemerintah dalam modernisasi pertanian melalui bantuan traktor roda dua, traktor roda empat, cultivator, transplanter, pompa air, hand sprayer, powertrasher, combine harvester, dryer, RMU serta alat lainnya telah menyentuh langsung ke lapangan.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI