Tampilkan di aplikasi

Paryono, transmigran yang terus berinovasi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3811
19 Agustus 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3811

“Hidup harus menjadi lebih baik dan berguna bagi umat”. Itulah prinsip hidup Paryono, petani Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam mengarungi kehidupan sehari-hari.

Sinar Tani
Prinsip dan tekat hidup yang kuat disertai ketekunan dan keuletan telah mengantarkan Paryono menjadi petani sukses hingga mempunyai luas lahan 16 ha dari awal kepemilikan lahan transmigrasi seluas 2 ha.

Anak pertama dari tujuh bersaudara ini lahir di kawasan petani hutan, sehingga sejak kecil sudah dikenalkan dengan ternak sapi dan kambing. Menjadi petani merupakan jalan hidup dan pilihannya. Tahun 1991, berbekal ijazah SMP, Paryono merantau bersama ayahnya yang merupakan petani tulen mengikuti program transmigrasi ke Kalimantan Tengah. Tepatnya di UPT Pareng gean II H Desa Karang Sari, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Awal sebagai petani, bapak lima orang anak ini mulanya menanam komoditas hortikultura seperti tomat, pare, terong, cabai rawit, ketimun dengan lahan seluas 1 ha. Dengan ketekunan dan semangat mau belajar, jerih payahnya dari tahun ke tahun mendapatkan hasil yang terus meningkat. Sistem Pertanian Terpadu Dari keuntungan usaha tani Paryono dapat menanam kelapa sawit dan karet di lahan 15 ha miliknya dengan sistem tumpang sari sayuran di selasela tanaman utama.

Potensi lahan pertanian yang masih luas didukung dengan kerja keras dan keyakinan, studi banding dan pembelajaran, mendorong Paryono mengembangkan sistem pertanian terpadu. Ia menerapkan integrasi kebun sawit dan ternak meliputi sapi dan kambing sejak tahun 2010 untuk menghasilkan produk pertanian ramah lingkungan. Saat ini lahan yang dikelola Paryono telah mencapai 16 ha. Terdiri dari 13 ha kelapa sawit, 2 ha karet, serta 1 ha untuk peruntukan lainnya.

Paryono juga beternak sapi sebanyak 70 ekor terdiri dari 30 ekor sapi pembibitan dan 40 ekor sapi penggemukan melalui modal sendiri maupun kerjasama permodalan dengan pihak lain (Bank maupun mitra). Dari usaha peternakan sapi, ia mampu menyediakan stok daging pada saat hari besar Idhul Adha di Kecamatan Parenggean serta daerah lain.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI