Tampilkan di aplikasi

Cacing sutera, pakan alami penunjang pembenihan ikan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3874
8 Desember 2020

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3874

Cacing sutera menjadi pakan alami pembenihan ikan.

Sinar Tani
Pakan alami ini ibarat mata uang logam yang bersisi dua, dimana masingmasing sisinya tak bisa di pisahkan. Sayangnya, keber adaan pakan alami kerap kali dilupakan para pembudidaya. Sebab, tak semua pembudidaya mampu menekuni budidaya pakan alami dengan telaten.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto me ngata kan, keberadaan pakan alami menjadi salah satu kunci sukses saat melakukan pembenihan ikan atau pun udang. Sehingga, pembudidaya jangan menganggap sepele pakan alami.

Salah satu pakan alami yang sudah popular dan telah dikembangkan sebagian masyarakat adalah budidaya cacing sutera. Inovasi budidaya cacing sutera (Tubifex) telah dikembangkan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi dengan sistem apartemen.

Inovasi budidaya cacing sutera sistem apartemen ini lebih efisien, dan suplai cacing suteranya dapat disediakan sepanjang tahun. Slamet juga berharap, budidaya cacing sutera sistem apartemen akan menjadi salah satu jawab an atas permasalahan penyediaan pakan alami yang secara umum masih tergantung dari hasil tangkapan alam.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI