Tampilkan di aplikasi

Membanding-bandingkan anak

Majalah Swadaya - Edisi 183
30 November 2017

Majalah Swadaya - Edisi 183

Memang, dalam kehidupan berkeluarga kita akan selalu dihadapkan pada masalah.

Swadaya
Memang, dalam kehidupan berkeluarga kita akan selalu dihadapkan pada masalah. Kalau tidak datang dari pasangan, masalahnya datang dari anak, dari orangtua, atau dari kerabat.

Maka, kita jangan takut dengan hadirnya masalah. Yang harus kita takutkan adalah ketika kita tidak bisa menyik api masalah yang ada dengan cara terbaik. Sehingga, alih-alih membawa perubahan ke arah yang lebih baik, masalah justru menjadikan kita lebih buruk.

Bagaimana caranya? Setidaknya ada beberapa poin penting yang harus kita perhatikan. Pertama, pastikan kita tidak menjadi antipati terhadap orangtua atas sikapnya kepada cucunya. Apa yang beliau lakukan adalah tanda sayang kepada cucunya. Beliau ingin melihat anak kita pintar dan berprestasi. Hanya saja, caranya kurang tepat.

Kedua, kita tidak bisa menuntut orang lain sesuai dengan apa yang kita inginkan. Orangtua kita boleh jadi kurang paham dengan pendidikan yang tepat untuk anak. Jadikan hal ini sebagai cambuk untuk menjadi orangtua yang baik bagi anak.

Lakukan introspeksi apakah selama ini kita sudah optimal dalam mendidik anak atau belum. Maka, amat penting bagi orangtua untuk terus belajar cara mendidik anak. Beli buku, ikut seminar tentang parenting, bertanya pada ahlinya, dan lainnya. Sehingga, kita lebih paham tentang mana yang boleh dan mana yang tidak.

Ketiga, tidak mudah member masukan kepada orangtua atau orang yang lebih senior dari kita . Mereka biasanya sulit menerima masukan dari orang yang lebih muda. Tapi tidak ada salahnya mencoba berdialog dari hati ke hati dengan beliau tentang alasan yang membuat kita kurang setuju dengan sikapnya
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI