Tampilkan di aplikasi

Tumbuhkan rasa simpati dan empati

Majalah Swadaya - Edisi 184
28 Desember 2017

Majalah Swadaya - Edisi 184

Sesungguhnya tidak akan terjadi sesuatu kecuali dengan izin Allah SWT, baik berupa musibah maupun nikmat.

Swadaya
Di dalam menjalani kehidupan, kita harus senantiasa mengembalikan segala urusan kepada Allah SWT. Mengapa? karena biang kesengsaraan dan biang menjauhnya pertolongan Allah SWT, yaitu saat kita mengandalkan dan berharap kepada selain Allah SWT. Ingatlah selalu, “Laa haula walaa quwwata ilaa billahil ‘aliyyil ‘azhiim”.

Tiada daya dan upaya kecuali pertolongan Allah Yang Maha Agung. Kita sering mengira bahwa ujian hanyalah berupa kesulitan-kesulitan. Padahal, kesenangan yang diterima itu pun sebentuk ujian. Lalu, apa bedanya antara ujian, musibah, dan azab?

Ujian secara bahasa berarti ikhtibar (penyelidikan) dan intihan (percobaan), baik berupa kesulitan maupun kesenangan, kebaikan maupun keburukan. Tujuan Allah SWT memberikan ujian, ialah agar mengetahui siapa hamba-Nya yang bersyukur dan siapa yang bersabar.

Sebagaimana firmannya dalam Surat Al-Anbiya [21] ayat ke-35: “Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan yang sebenarnya, Dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan.”

Seseorang terkadang kuat dalam keimanan dan kesabaran saat dihadapkan dengan kesulitan. Namun tak jarang imannya hilang dan muncul kesombongan saat diberi kesenangan. Maka, ingatlah Allah dalam setiap keadaan agar selamat dunia akhirat.

Selanjutnya ialah musibah. Bila ujian dapat berupa kesulitan dan kesenangan, musibah biasanya sesuatu yang tidak disukai. Musibah secara bahasa, identik dengan teguran atau peringatan yang sudah menjadi ketentuan Allah, terjadi karena kesalahan kita. Misalnya bencana alam, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana sikap kita dalam menghadapi musibah? yaitu segera memohon ampun kepada Allah SWT, bertekad memperbaiki diri, dan terus mendekat kepada-Nya. Sebagaimana firman-Nya.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI