Tampilkan di aplikasi

Ujian kekurangan harta

Majalah Swadaya - Edisi 184
28 Desember 2017

Majalah Swadaya - Edisi 184

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui kemampuan setiap hamba-Nya dalam menghadapi suatu ujian.

Swadaya
Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui kemampuan setiap hamba-Nya dalam menghadapi suatu ujian. Ada orang-orang yang diuji dengan kekayaannya, yang dari ujian tersebut ada yang lulus dan ada yang tidak. Demikian juga ada orang-orang yang diuji dengan kefakirannya, yang dari ujian tersebut ada yang lulus dan ada juga yang tidak.

Manakah di antara kedua ujian tersebut yang lebih baik? Yang terbaik adalah orang yang menjalani ujiannya dengan penuh kesabaran dan berpegang teguh kepada Allah SWT. Apalah artinya harta kekayaan berlimpah kalau hanya menjauhkan pemiliknya dari Allah. Dan semakin berat kefakiran seseorang manakala kefakirannya dijalani dengan putus asa, buruk sangka dan menjauh dari-Nya.

Pada ayat surat al-Baqarah yang disebutkan sebelumnya, Allah menjelaskan secara tersurat kepada kita bahwa salah satu bentuk ujian yang akan menimpa kita adalah kekurangan harta. Dan, barangsiapa yang tidak bersabar dalam ujian ini, maka penderitaannya hanya akan bertambah panjang.

Saudaraku, kefakiran bukan hanya diukur misalnya dengan rumah yang sederhana, bukan tampak pada kendaraan tua yang hanya roda dua, bukan tampak hanya pada menu makanan yang ala kadarnya. Karena sangat mungkin orang-orang yang berada dalam kondisi demikian justru memiliki hati yang tenang, jiwa yang merdeka dan bahagia karena merasa cukup dengan apa yang ada.

Boleh jadi pada pandangan orang lain, mereka ini tidak beruntung. Tapi, hakikatnya merekalah orang yang kaya dan berkecukupan. Sebaliknya, manakala kita melihat seseorang punya rumah yang megah, kendaraan yang mewah, pakaian yang indah, namun hatinya sempit dan jiwanya terkekang. Mengapa? Karena ternyata harta berlimpah yang ia miliki tidak pernah cukup menutupi segala kebutuhannya, belum lagi utang yang banyak dan sulit dilunasi.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI