Tampilkan di aplikasi

Proyeksi industri smartphone 2018, pertarungan sengit yang makin menarik

Majalah TPLUS - Edisi 98
5 Desember 2018

Majalah TPLUS - Edisi 98

Tahun depan, sejumlah vendor ponsel sudah menyatakan kesiapan mereka merilis produk berteknologi koneksi data 5G.

TPLUS
Tahun 2018 akan berakhir, namun kita tidak akan lupa dengan kejutankejutan yang terjadi di industri smartphone, mulai dari munculnya tren layar mepet atau layar poni, kamera multi lensa hingga hadirnya ponsel-ponsel gaming. Kejutan lain yang hadir adalah kian kuatnya Huawei di pasar global, vendor asal Tiongkok ini baru saja menyodok ke posisi kedua menyalip Apple. Kunci keberhasilannya adalah fitur kamera mumpuni di produk-produk terbaru mereka, seperti P20 Pro.

Menyambut musim depan, tren dan persaingan di pasar smartphone bakal kian menarik. Tantangannya pun besar, mengingat saat ini Amerika Serikat dan Tiongkok tengah terlihat perang dagang. Jika dua perekonomian terbesar di dunia itu tak berhasil mencapai kesepakatan hingga akhir tahun ini, maka dipastikan banyak industri akan terdampak, smartphone jadi salah satunya.

Teknologi 5G. Tahun depan, sejumlah vendor ponsel sudah menyatakan kesiapan mereka merilis produk berteknologi koneksi data 5G. Jika para vendor sudah siap, kalangan operator pun diyakini juga siap meluaskan jaringan 5G mereka. Namun, apakah tahun depan tren 5G akan langsung mencuat? Menurut laporan dari Digitimes, ekosistem perangkat 5G diprediksi baru akan mulai terbentuk pada tahun 2021 dan ponsel 5G yang dirilis pada 2019 diperkirakan tidak akan mencapai angka satu juta unit.

Ini dikarenakan teknologi 5G masih membutuhkan sejumlah persiapan, baik dari sisi perangkat maupun jaringan. Laporan tersebut menyebutkan kendala utama yang dihadapi para vendor adalah sulitnya membuat chipset, antena, serta modem jaringan 5G. Pasalnya, chipset 5G ini kemungkinan besar akan mengambil lebih banyak ruang di smartphone dan menyedot lebih banyak daya.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI