Tampilkan di aplikasi

Tren layanan data seluler adu kreatif bukan adu tarif

Majalah TPLUS - Edisi 109
5 November 2019

Majalah TPLUS - Edisi 109

Kedai Layanan Data Seluler

TPLUS
Sejak mulai dikomersialkannya jaringan 4G LTE, penggunaan data oleh pelanggan seluler makin melonjak dan layanan voice maupun SMS pun makin anjlok. Hal ini karena sudah meratanya jaringan internet cepat ini hampir di semua pelosok tanah air dengan tingkat cakupan hingga 95% populace penduduk Indonesia.

Kini pengguna ponsel pintar di Indonesia tahun 2018 saja sudah mencapai 100 juta orang. Hal ini membuat penggunanya lebih sering mengakses internet daripada telepon. Banyaknya konten digital dan media sosial membuat pengguna ponsel kini berkomunikasi melalui internet seperti media sosial yang banyak macamnya.

Bahkan aplikasi Whatsapp juga bisa digunakan bertelepon bahkan video call, jadi buat apa lagi menelepon. Pergeseran budaya penggunaan ponsel oleh masyarakat Indonesia dari layanan voice ke layanan data membuat semua operator seluler berlomba memberikan layanan data dengan jaringan yang terbaik. Jika jaringan yang dimiliki sudah baik kini operator seluler berlomba menyediakan paket kuota layanan data yang menarik.

Kini semua operator seluler menawarkan banyak paket layanan data dengan berbagai pilihan kuota yang bisa dipilih oleh pelanggannya. Sehingga kini para operator seluler berlomba kreatif membuat paket layanan dan bukan lagi adu tarif seperti dulu. Tak jarang banyaknya pilihan paket layanan data yang diberikan oleh operator seluler malah membuat bingung pelanggan.
Majalah TPLUS di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI