Tampilkan di aplikasi

Menjelajahi gagahnya Benteng Qaitbay

Majalah Travelxpose - Edisi 12/2019
5 Desember 2019

Majalah Travelxpose - Edisi 12/2019

Benteng

Travelxpose
Mengulik tentang mesin beserta deretan rekam sejarahnya memang tak akan kunjung usai. Berbagai bangunan megah yang menjadi bukkti majunga peradaban Mesir masa lalu banyak tersebar di berbagai tempat. Salah satunya adalah benteng Qaitbay yang menjadi objek wisata bersejarah di Alexandria.

Benteng qaitbay adalah sebuah benteng yang terletak di sebelah timur pelabuhan alexandria, mesir. Di negeri yang dulunya sempat menjadi kekuasan cleopatra ini memang banyak ditemukan benteng. Wajar bila kemudian muncul pertanyaan, mengapa para penguasa pada zaman dahulu gemar membangun benteng padahal pembangunan benteng tersebut pastinya akan menghabiskan dana yang begitu besar.

Awabannya cukup singkat, sama seperti pembangunan benteng yang kita ketahui pada umumnya adalah untuk mencegah dan melindungi diri dari serangan musuh. Nah sama halnya dengan alasan benteng qaitbay ini dibangun.

Jauh sebelum benteng ini didirikan, kawasan ini dulunya merupakan sebuah pulau kecil bernama Pharos. Di abad ke-3 SM sempat dibangun mercusuar setinggi 117 meter bernama mercusuar Pharos. Mercusuar ini dulunya sempat menjadi salah satu keajaiban dunia zaman kuno. Sayangnya pada abad ke-12, pelabuhan di Alexandria tersumbat lumpur dan tidak dapat digunakan lagi. Mercusuar ini juga tidak digunakan lagi dan akhirnya rusak. Mercusuar Pharos di Alexandria ini rusak total pada abad ke-14.

Pada tempat reruntuhan mercusuar itu kemudian dibangun sebuah benteng Qaitbay. Benteng Qaitbay dibangun pada tahun 1477 M oleh Sultan Al Ashraf Abu An Nasr Saifuddin Qaitbay Al Zahiry atau sering dikenal dengan Sultan Qaitbay. Karena itulah nama benteng ini dilekatkan sesuai dengan nama pendirinya.
Majalah Travelxpose di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI