Tampilkan di aplikasi

Tanam pohon untuk bayi perempuan

Majalah Travelxpose - Edisi 12/2019
5 Desember 2019

Majalah Travelxpose - Edisi 12/2019

Desa Piplantri, India

Travelxpose
Kelahiran seorang anak tentu menjadi momen yang ditunggu lantaran dianggap bisa memberikan kehangatan dan kebahagian bagi keluarga. Di india ada sebuah desa yang memberikan momen spesial tiap kali ada kelahiran bayi perempuan.

Desa tersebut adalah Piplantri yang berada di Distrik Rajsamand. Tiap kali seorang anak perempuan lahir penduduk Desa Piplantri menanam 111 pohon dari berbagai jenis seperti mangga, neem, sheesham dan amla. Pohon-pohon ini akan dijaga dan dipelihara dengan baik oleh penduduk desa hingga anak perempuan tersebut tumbuh dewasa dan bisa menikmati hasilnya.

Selain itu penduduk desa turut menyumbang dengan mengumpulkan uang secara kolektif sebesar Rs 21.000 dan orang tua si anak perempuan juga menyisihkan Rs 10.000 dimana seluruh uang tersebut akan didepositokan untuk dipergunakan setelah anak tersebut berusia 18 tahun.

Inisiatif datang dari kepala desa waktu itu yaitu Shyam Sundar Paliwal dalam rangka mengenang putrinya yang meninggal dunia pada usia 16 tahun. Sejak saat itu sampai sekarang sudah tertanam lebih dari 300 ribu pohon di atas dataran rumput Piplantri.

Tradisi yang mulai dijalankan sejak tahun 2006 ini telah membawa peningkatan kualitas ekosistem dengan bertambahnya cadangan air tanah dan semakin banyaknya satwa liar yang berkembang biak di Piplantri. Selain itu telah ditanam sekitar 2,5 juta pohon lidah buaya atau aloevera yang berguna untuk menghindari pohon dari serangan rayap.
Majalah Travelxpose di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI