Tampilkan di aplikasi

Buku Unisri Press hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Public Speaking : Konsep & Aplikasi

1 Pembaca
Rp 40.500 30%
Rp 28.375

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 85.125 13%
Rp 24.592 /orang
Rp 73.775

5 Pembaca
Rp 141.875 20%
Rp 22.700 /orang
Rp 113.500

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui serangkaian konsep dasar yang penting dalam public speaking, mulai dari memahami audiens, membangun pesan yang efektif, hingga teknik penyampaian yang memukau. Penulis membahas berbagai strategi untuk mengatasi kegugupan dan meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan publik.

Selain itu, buku ini juga menawarkan panduan praktis dalam mempersiapkan dan menyusun pidato, serta tips untuk mengelola waktu dan menjaga ketertarikan audiens. Dengan contoh-contoh nyata dan latihan-latihan yang disajikan, pembaca akan diajak untuk mengembangkan kemampuan berbicara mereka secara bertahap.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Sihabuddin, S.I.Kom., M.I.Kom.
Editor: Haryo Kusumo Aji, S.I.Kom., M.I.Kom.

Penerbit: Unisri Press
ISBN: 9786235859804
Terbit: April 2024 , 151 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui serangkaian konsep dasar yang penting dalam public speaking, mulai dari memahami audiens, membangun pesan yang efektif, hingga teknik penyampaian yang memukau. Penulis membahas berbagai strategi untuk mengatasi kegugupan dan meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan publik.

Selain itu, buku ini juga menawarkan panduan praktis dalam mempersiapkan dan menyusun pidato, serta tips untuk mengelola waktu dan menjaga ketertarikan audiens. Dengan contoh-contoh nyata dan latihan-latihan yang disajikan, pembaca akan diajak untuk mengembangkan kemampuan berbicara mereka secara bertahap.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT Tuhan semesta alam karena berkat rahmatNya saya bisa menyelesaikan naskah buku yang berjudul“Pengantar Public Speaking (Konsep & Aplikasi)”.

Menulis buku ini berawal dari kesadaran penulis tentang keterampilan public speaking yang sangat dibutuhkan oleh siapapun. Keterampilan public speaking tidak hanya wajib dimiliki oleh orang dengan profesi tertentu, seperti presenter, pembaca berita, guru, pendakwah dan sebagainya. Tetapi wajib dimiliki oleh semua orang tanpa memandang profesinya. Maka dari itu dengan terbitnya buku ini penulis yakin akan memberikan manfaat yang begitu besar bagi masyarakat luas.

Buku ini terdiri dari tiga bab yang mana setiap babnya memiliki perbedaan pembahasan dengan bab lainnya,namun antara satu bab dengan bab lainnya berkesinambungan sehingga menjadi satu kesatuan dan lahirlah buku ini. Pada bab pertama buku ini membahas tentang pentingnya belajar public speaking karena memang sangat dibutuhkan perannya di masyarakat.

Dengan adanya public speaking maka komunikasi menjadi lebih efektif dan efesien jika dihadapkan dengan banyak orang. Selain itu, orang yang memiliki kemampuan public speaking yang baik dipandang sukses oleh masyarakat karena sangat menunjang karirnya.

Dalam dunia presenter ada Steve Harvey, Oprah Winfrey, Raffi Ahmad, Charles Bonar Sirait, Najwa Shihab, dan sebagainya. Tidak hanya dalam dunia presenter, dalam dunia politik, pendidikan, dakwah, bisnis dan sebagainya banyak sekali orang yang dipandang sukses karena kemampuan public speaking yang mumpuni. Namun, kemampuan public speaking tidak datang begitu saja, perlu adanya praktik, latihan dan kebiasaan.

Dalam public speaking pasti ada retorika. Ibaratkan makanan retorika adalah bumbu yang menjadi penyedap rasa. Tanpa retorika public speaking akan menjadi hambar seperti makanan yang tidak menggoda selera. Maka dari itu, retorika menjadi pembahasan penting dalam buku ini yang penulis letakan pada bab kedua. Pada bab kedua penulis membahas tentang apa itu public speaking, apa itu retorika, perbedaan public speaking dan retorika dan yang perlu diperhatikan dalam public speaking.

Komunikasi nonverbal tentu menjadi pembahasan yang tidak bisa dilupakan dalam keilmuwan komunikasi, termasuk dalam public speaking yang merupakan bagian dari komunikasi. Maka dari itu, komunikasi nonverbal menjadi pembahasan khusus yang penulis letakan pada bab tiga. Pada bab tersebut penulis membahas apa itu komunikasi nonverbal, jenis-jenis komunikasi nonverbal dalam public speaking, karakteristik komunikasi nonverbal dalam public speaking, fungsi komunikasi nonverbal dalam public speaking, bahasa tubuh dalam public speaking, dan bagaimana menggunakan komunikasi efektif dalam public speaking.

Memang tujuan utama penulisan buku ini agar bisa dibaca oleh masyarakat luas. Namun tujuan khusus penulisan buku ini untuk kebutuhan pembelajaran di perguruan tinggi untuk matakuliah public speaking. Bisa dikatakan buku ini adalah buku ajar atau buku referensi yang sangat dibutuhkan oleh para pelajar yang ingin belajar public speaking. Maka dari itu, penulis sengaja meruntutkan setiap bab pembahasan tidak jauh beda dengan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang telah penulis buat.

Ucapan terimakasih saya haturkan untuk siapapun yang telah mendukung saya dalam menyelesaikan buku ini, terutama untuk ummi yang tidak pernah ada bosannya sejak saya kecil hingga sekarang selalu mendukung anaknya untuk menjadi seorang penulis. Saya menyadari buku ini jauh dari kata sempurna sehingga masih perlu masukan dan kritikan yang membangun untuk kesempurnaan buku ini. Jadi mohon maaf jika buku ini tidak sesuai dengan ekspeksi para pembaca. Namun, saya selalu berharap semoga buku ini memberikan banyak manfaat dan inspirasi kepada siapapun yang telah meluangkan waktunya membaca buku ini. Selamat Membaca!

Daftar Isi

Cover
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pentingnya Belajar Public Speaking
     A. Public Speaking Sangat Dibutuhkan
     B. Public Speaking Jalan Meraih Sukses
     C. Public Speaking Perlu Praktik, Latihan, dan Kebiasaan
Bab 2 Public Speaking dan Retorika
     A. Apa itu Public Speaking?
     B. Apa itu Retorika?
     C. Hubungan dan Perbedaan Antara Public Speaking dan Retorika
     D. Yang Perlu Diperhatikan dalam Public Speaking
Bab 3 Memahami Komunikasi Nonverbal Dalam Public Speaking
     A. Apa itu Komunikasi Nonverbal?
     B. Jenis-jenis Komunikasi Nonverbal dalam Public Speaking
     C. Karakteristik Komunikasi Nonverbal dalam Public Speaking
     D. Fungsi Komunikasi Nonverbal dalam Public Speaking
     E. Bahasa Tubuh dalam Public Speaking
     F. Menggunakan Komunikasi Nonverbal yang Efektif dalam Public Speaking
Daftar Pustaka